PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG KREDIBELITAS KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PROFESIONALNYA

  • sudanto sudanto STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau
  • Said Maskur STIT Ar-Risalah Indragiri Hilir
Keywords: manajemen sekolah, profesionalisme guru, manajemen komunikasi

Abstract

Kinerja guru sering kali dipengaruhi oleh pola kepemimpinan kepala sekolah. Sedangkan kepala sekolah, dalam bersikap dan berkomunikasi, juga sangat dipengaruhi oleh faktor internal pribadinya maupun faktor eksternalnya. Dalam setiap sikap dan pola komunikasi yang digunakan oleh kepala sekolah akan memunculkan persepsi dari masing-masing guru yang akan memunculkan sikap lebih lanjut. Dalam penelitian ini, studi kasus dilakukan terhadap guru-guru MA Darul Falah Batam dengan fokus pada pengaruh persepsi guru tentang kredibelitas kepala sekolah dalam peningkatan kinerjanya dengan metode kuantitatif. Dari hasil penelitian, para guru masih memberikan nilai bagus atas kredibelitas kepala sekolah. Sedangkan sebagian kecilnya saja yang menyatakan tidak kredibel dan tidak tahu. Kepercayaan itu terbangun karena pola komunikasi dan gaya kepemimpinan kepala sekolah yang mampu berberikan dampak positif terhadap persepsi guru. Sedangkan terkait kinerja pada guru masih menunjukan profesionalitasnya yang dibuktikan dengan beberapa prestasi dari sekolah tersebut. Dalam penelitian ini juga terungkap bahwa persepsi dan kinerja tidak sepenuhnya karena faktor kepemimpinan dalam manajemen, melainkan juga faktor psikologis dan komunikasi yang turut membantu membangun persepsi terebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Danumiharja, Mintarsih, Profesi Tenaga Kependidikan, Yogyakarta: Deepublish, 2014.
Hadromi, Fathonah Al, “Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi, Kedisiplinan Dan Kinerja Guru Di Sd Islam Lumajang”, Bisma Jurnal Bisnis dan Manajemen, 11 (1) Januari 2017.
Hajar, Ibnu, Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif Dalam Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.
Murniati A.R, Manajemen Stratejik: Peran Kepala Sekolah dalam Pemberdayaan, Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2008.
Murniati AR dan Nasir Usman, Implementasi Manajemen Stratejik Dalam Pemberdayaan Sekolah Menengah Kejuruan, Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2009.
Musfah, Jejen, Manajemen Pendidikan: Teori, Kebijakan, dan Praktik, Jakarta: Prenada, 2015.
Nasri, S. dan Sofian, E., Metode Penelitian Survei, LP3ES, Jakarta, 1982.
Nata, Abuddin, Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Prenada, 2018.
Pananrangi, Andi Rasyid, Manajemen Pendidikan, Celebes Media Perkasa, 2017.
Rahmat, Jalaluddin, Metode Penelitian Komunikasi, Bandung: Rosdakarya, 1997.
Riyadi, Slamet, Pengaruh kompensasi finansial, gaya kepemimpinan, dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada perusahaan manufaktur di Jawa Timur, Jurnal manajemen dan kewirausahaan, 2011, 13(1), 40-45. https://doi.org/10.9744/jmk.13.1.40-45.
Suprapto, Tommy, Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi, Yogyakarta: Medpres, 2009.
Tampubolon, Biatna Dulbert, Analisis faktor gaya kepemimpinan dan faktor etos kerja terhadap kinerja pegawai pada organisasi yang telah menerapkan SNI 19-9001-2001," Jurnal standardisasi 9.3 (2007): 106-115. http://dx.doi.org/10.31153/js.v9i3.684
Usman, Husaini Model Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Jurnal Cakrawala Pendidikan, No.3 Tahun 34, Oktober 2015.
Published
2018-06-29
How to Cite
sudanto, sudanto, and Said Maskur. “PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG KREDIBELITAS KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PROFESIONALNYA”. PERADA 1, no. 1 (June 29, 2018): 99-106. Accessed August 15, 2020. http://ejournal.stainkepri.ac.id/index.php/perada/article/view/13.
Section
Articles