KENAKALAN REMAJA DAN RELIGIUSITAS: MENGUATKAN METAL REMAJA DENGAN KARAKTER ISLAMI

  • joko wibowo STAIN Sultan Abdurrahman Kepri
Keywords: budi pekerti, ahlak al-karimah, kenakalan remaja, pendidikan karakter

Abstract

Fokus kajian artikel ini menitikberatkan pada kajian pentingnya pembentukan karakter dalam diri remaja. Hal ini berangkat dari kenyataan bahwa banyak saat ini bentuk kenakalan remaja begitu beragam, bahkan ada yang mengarah pada tindak kriminal. Penelitian ini hendak mencari jawaban apakah tentang pola pembentukan karakter remaja dengan nilai-nilai religius dari perspektif Islam. Penelitian ini juga menguatkan hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa terdapat korelasi antara nilai religiusitas dalam diri ter hadap kenakalan remaja. Dari penelitian ini dapat digambarkan bahwa usia remaja merupakan usia yang rapuh terhadap pengaruh, baik pengaruh internal dalam diri mapun pengaruh ekternal dari lingkungannya. Pengaruh tersebut bisa berdampak negatif terhadap diri siswa bila tidak diingi dengan penanaman nilai-nilai religius. Karakter yang paling dasar yang harus ditanamkan dalam diri remaja ialah adab atau akhlah, kemudian di susul dengan pengetahuan, dan dilanjutkan dengan penanaman nilai budipekerti sesuai dengan ajaran Islam, seperti kemandirian, amanah, santun, dermawan, optimisme, toleransi dan rendah hati. Remaja juga perlu dibiasan melakukan pebuatan yang mencerminan nilai-nilai karakter religius seperti menolong sesama, peduli lingkungan, gotong royong, dan lain sebagainya. Penanaman nilai-nilai budipekerti berdasarkan nilai Islami ini perdilakukan dilakukan secara formal maupun non formal agar terserap dengan baik oleh setiap remaja.

 

ABSTRAC: The focus of the study of this article focuses on the study of the importance of character formation in adolescents. This departs from the fact that many forms of juvenile delinquency are so diverse, some even lead to criminal acts. This study sought to find answers to whether the pattern of formation of adolescent characters with religious values ​​from an Islamic perspective. This study also corroborates the results of previous studies which stated that there is a correlation between the value of self-religiosity towards juvenile delinquency. From this study it can be described that adolescence is a fragile age to influence, both internal influences within oneself and external influences from the environment. These influences can have a negative impact on students if they are not desired by planting religious values. The most basic character that must be instilled in adolescents is adab or akhlah, then followed by knowledge, and continued with the cultivation of cultural values ​​in accordance with Islamic teachings, such as independence, trustworthiness, courtesy, generosity, optimism, tolerance and humility. Adolescents also need to be encouraged to carry out actions that reflect the values ​​of religious characters such as helping others, caring for the environment, mutual cooperation, and so forth. The cultivation of cultural values ​​based on Islamic values ​​carried out in formal and non-formal ways so that each teenager is well absorbed.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Ahmad, 1986, Etika (Ilmu Ahlak), alih bahasa oleh Prof. K.H. Farid Ma’ruf, Jakarta, Bulan Bintang.
Ancok, D. & Suroso, F.N, 2011, Psikologi Islami Solusi Islam atas Problem problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Aroma, I. S., & Suminar, D. R. 2012, Hubungan antara tingkat kontrol diri dengan kecenderungan perilaku kenakalan remaja, Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 1(2), 1-6.
Azizah, Nur, 2013, "Perilaku Moral dan Religiusitas Siswa Berlatar Belakang Pendidikan Umum dan Agama" Jurnal Psikologi, Volume 33 Number 2 (21 May 2013)
Cahoyono, Guntur, 2017, Pendidikan Karakter Perspektif Al-Quran dan Hadist, AL-ASTAR, Jurnal Ahwal al-Syahsiyah dan Tarbiyah STAI Mempawah, Volume V, Nomor 1, Maret 2017.
Daradjat, Zakiyah, 1990, Kesehatan Mental, Jakarta: CV Haji Masagung.
Hamzah Tualeka, Abd. Syakur dkk, 2012, Ahlak Tasawuf, Surabaya: IAIN Sunan Ampel.
Haq, Ahmad Hifdzil, Yoke Suryadarma. "Pendidikan Ahlak Menurut Imam Al-Ghazali" At-Ta'dib, Volume 10 Number 2 (8 December 2015) doi:http://dx.doi.org/10.21111/at-tadib.v10i2.460
Hidayatullah, M. Furqon, 2010, Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa, Bandung: Yuma Pustaka.
James Draver, A Dictionary of Psychology, New York: Pengin Books, t.th.
Langgulung, Hasan, 1992, Teori-teori Kesehatan Mental, Jakarta: Pustaka Al-Husna.
Moeljono Notosoedirjo, 2001, Kesehatan Mental: Konsep dan Penerapan, (Malang: Universitas Muhammadiyah.
Nasbi, Ibrahim. 2015. Filsafat al-Nafs dan Filsafat al-Ahlak. Shaut al Arabiyyah, 4(1).
Patty , F., dkk, 1982, Pengantar Psikologi Umum, Surabaya: Usaha Nasional, 1982.
Pusat Bahasa Depdiknas, 2008, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas.
Salim, Abdullah, 1986, Akhlaq Islam, Jakarta: Media dakwah.
Sarwono, S.W., 2010, Psikologi Remaja, Jakarta: Rajawali Pers.
Tentama, Fatwa, 2017, “Achievement Motivation Training (AMT) Sebagai Upaya Mencegah Kenakalan Remaja” Prosiding (November 8, 2017). doi:10.31227/osf.io/ucqw9.
Utami, M, 2014, Religiusitas, Koping Religius, dan Kesejahteraan Subjektif. Jurnal Psikologi, 39(1), 46-66. doi:https://doi.org/10.22146/jpsi.6966
Published
2018-12-27
How to Cite
wibowo, joko. “KENAKALAN REMAJA DAN RELIGIUSITAS: MENGUATKAN METAL REMAJA DENGAN KARAKTER ISLAMI”. PERADA 1, no. 2 (December 27, 2018): 151-162. Accessed August 15, 2020. http://ejournal.stainkepri.ac.id/index.php/perada/article/view/16.
Section
Articles