PENINGKATAN PARTISIPASI BELAJAR MAHASISWA DENGAN SISTEM E-LEARNING EDMODO DI STAIN SULTAN ABDURRAHMAN KEPULAUAN RIAU

  • sella kurnia sari STAIN Sultan Abdurrahman Kepri
Keywords: Edmodo, Pendidikan progresif, inovasi, kreatif

Abstract

Penelitian ini hendak menjawab tentang karakteristik aplikasi Edmodo dan tingkat partisipasi mahasiswa dalam proses belajar mengajar. Edmodo merupakan aplikasi untuk pembelajaran dengan metode Electronic Learning (E-laerning). Aplikasi ini menjadi pilihan karena termasuk aplikasi yang menyediakan beberapa fitur memadai untuk keperluan belajar mengajar, interaksi dengan peserta didik, pengaturan waktu tugas dan lainnya. Dengan demikian, Edmodo termasuk aplikasi yang sesuai dengan kategori facilitated a-laerning, yakni berfungsi sebagai medium untuk memfasilitasi proses belajar. Dalam proses penelitian dan hasil survei terhadap responden, menyatakan bahwa mereka puas dengan pengguna e-learning Edmodo dalam proses belajar mengajar. Akan tetapi, kendala dalam penggunaan aplikasi Edmodo ini adalah jika jaringan internet mengalami gangguan maka aplikasi tidak dapat diakses hal ini dikarenakan aplikasi tersebut bergantung pada sinyal provider. Selain itu, e-laerning hanyalah sebuah sarana alternatif yang hanya sebagai alternatif pengembang pembelajaran. Semangat penerapan e-laerning bisa sejalan dengan semangat pendidikan progresif yang tidak hanya menyajikan materi dengan cara-cara konvensional.

 

ABSTRACT: This research is about to answer the characteristics of Edmodo application and the level of student participation in the teaching and learning process. Edmodo is an application for learning using the Electronic Learning (E-laerning) method. This application is an option because it includes an application that provides several adequate features for the needs of teaching and learning, interaction with students, setting time assignments and more. Thus, Edmodo is an application that fits the facilitated a-laerning category, which functions as a medium to facilitate the learning process. In the research process and the results of the survey of respondents, stated that they were satisfied with Edmodo's e-learning users in the teaching and learning process. However, the obstacle in using Edmodo application is if the internet network is interrupted, the application cannot be accessed because the application depends on the provider signal. In addition, e-laerning is only an alternative means that is only an alternative learning developer. The spirit of implementing e-laerning can be in line with the spirit of progressive education that does not only present material in conventional ways.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Asmuni dan Wiwin Sri Hidayati. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Jejaring Sosial Edmodo Terhadap Partisipasi Mahasiswa dalam Diskusi Kelas pada Materi Ajar Teoritis dan Praktis. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No.1 Tahun 2015 Hal. 98-107
Catim, Moh. Zam Zam Hasan Fahri. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Website untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMAN 1 Mojosari. Skripsi. UIN Sunan Ampel Surabaya
Dharmawati. 2017. Penggunaan Media E- Learning Berbasis Edmodo dalam Pembelajaran English for Bussiness. Jurnal Sistem Informasi Vol.1 No.1 April 2017
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Karimah, Sayyidatul, Rini Utami, dan Nurina Hidayah. 2018. Keefektifan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo Terhadap Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Edutama Vol. 5 No. 2 Juli 2018 Hal. 97-101
Mutia, Intan dan Leonard. 2013. Kajian Penerapan E-Learning dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Faktor Exacta 6 (4):278-289, 2013
Nasir, Mohamad. 2016. Pendidikan Tinggi: Membangun Indonesia Unggul dan Berdaya Saing. Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi. Yogyakarta, 04 Desember 2016. http://belmawa.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/12/PM_Rakernas-Belmawa_041216_Final.pdf
Pritandhari, Meyta. 2017. Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Promosi Vol. 5 No. 1 (2017) Hal. 47-56
Rulviana, Vivi. 2018. Implementasi Media Edmodo dalam Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatika 8 (2) (2018)
Saifuddin, Much Fuad. 2017. E- Learning dalam Persepsi Mahasiswa. Varia Pendidikan, Vol.29, No.2, Desember 2017 Hal. 102-109
Tim Penulis, AKUNTABILITAS; Modul Pendidikan dan Prajabatan Golongan III, Jakarta: 2015, Lembaga Administrasi Negara.
Tim Penulis, NASIONALISME; Modul Pendidikan dan Prajabatan Golongan III, Jakarta: 2015, Lembaga Administrasi Negara.
Tim Penulis, ETIKA PUBLIK; Modul Pendidikan dan Prajabatan Golongan III, Jakarta: 2015, Lembaga Administrasi Negara.
Tim Penulis, KOMITMEN MUTU; Modul Pendidikan dan Prajabatan Golongan III, Jakarta: 2015, Lembaga Administrasi Negara.
Tim Penulis, ANTI KORUPSI; Modul Pendidikan dan Prajabatan Golongan III, Jakarta: 2015, Lembaga Administrasi Negara.
Tim Penulis, AKTUALISASI NILAI-NILAI DASAR PROFESI PEGAWAI NEGERI SIPIL; Modul Pendidikan dan Prajabatan Golongan III, Jakarta: 2015, Lembaga Administrasi Negara.
Widiyanto. 2018. Revitalisasi Komunitas Pembelajaran dengan Lesson Study dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 1 No.1, Februari 2018 Hal. 16-28
Published
2018-12-27
How to Cite
sari, sella. “PENINGKATAN PARTISIPASI BELAJAR MAHASISWA DENGAN SISTEM E-LEARNING EDMODO DI STAIN SULTAN ABDURRAHMAN KEPULAUAN RIAU”. PERADA 1, no. 2 (December 27, 2018): 179-189. Accessed August 15, 2020. http://ejournal.stainkepri.ac.id/index.php/perada/article/view/19.
Section
Articles