PENGARUH PELATIHAN DAN DISIPLIN MENGAJAR DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN OLEH GURU SD NEGERI DI KECAMATAN TOAPAYA BINTAN

  • Erlina Gusnita STAIN SULTAN ABDURRAHMAN KEPULAUAN RIAU
Keywords: Kinerja Guru, Pelatihan, Pengelolaan Kelas, Mutu Pendidikan

Abstract

Artikel ini membahas bagaimana pengaruh dari pelatihan terhadap pengelolaan pembelajaran oleh guru SD Negeri diKecamatan Toapaya Bintan yaitu pelatihan mampu meningkatkan pekerjaan, pengawasan yang baik, cepatnya berkembang pengelolaan kelas oleh guru dan mampu memstabilkan pegawai. Melalui pelatihan maka dapat dibentuk guru yang profesional, yakni guru yang mampu menjalankan tugas dengan baik dari pembuatan perencanaan pembelajaran, penyajian materi, penguasaan kelas, pemilihan dan penerapan metode mengajar, penggunaan media pembelajaran, dan penguasaan teknik-teknik evaluasi. Kemudian juga dibahas bagaimana pengaruhnya dari disiplin dan perilaku seorang guru dalam konteks tugas dan kewajiban, yang berkaitan dengan sikap taat menjalankan tugas dan kewajiban, pengendalian keinginan dan cara-cara bertindak, keteraturan tentang cara-cara menjalankan tugas/ pekerjaan, kepatuhan pengendalian diri sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku oleh guru dalam menjalankan setiap tugas yang menjadi tanggungjawabnya. Dari segi persepsi yang ada bahwa besar pengaruhnya kedisiplinan dan pengalaman pelatihan yang diperloleh guru SD Negeri Kecamatan Toapaya Bintan yang mampu meningkatkan kualitas guru dalam mengelola kelas. Hasil yang telah diperoleh dari pelatihan dan kedisiplinan akan mampu mengelola pembelajaran yang baik. Artikel ini juga nantinya akan mampu memberikan motivasi guru agar lebih meningkatkan dalam pelatihan dan kedisiplinan agar setiap sekolah memiliki guru yang berkompeten dalam pengelolaan pembelajaran di tingkat sekolah manapun.

 

ABSTRACT: This article discusses how the influence of training on the management of learning by public elementary school teachers in Toapaya Bintan District, namely training can improve employment, good supervision, rapid development of classroom management by teachers and able to stabilize employees. Through training, professional teachers can be formed, namely teachers who are able to carry out tasks well from making learning plans, presenting material, mastering classes, selecting and applying teaching methods, using learning media, and mastering evaluation techniques. Then also how it affects the discipline and behavior of a teacher in the context of duties and obligations, which are related to obedience to carrying out duties and obligations, controlling desires and ways of acting, regularity about ways of carrying out tasks. In terms of the perception that there is a large influence on discipline and training experience acquired by the Toapaya Bintan District Elementary School teacher who is able to improve the quality of teachers in managing the class. The results obtained from training and discipline will be able to manage good learning. Therefore, this article will also be able to motivate teachers to improve their training and discipline so that each school has teachers who are competent in the management of learning at any school level.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alawiyah, Faridah. 2016. Kesiapan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Info Singkat Kesejahteraan Sosial DPR RI, 615/P3DI. https://doi.org/10.21831/ltr.v13i2.2579
Aliana, I. Nyoman. 2011. Hubungan Antara Motivasi Berprestasi, Disiplin Mengajar, Dan Kemampuan Pedagogis Dengan Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Swasta Kota Metro. Phd Thesis. Fakultas KIP.
Amiruddin, Muhammad Jamil. 2015. Kaedah Penggunaan Sumber Hukum Dalam Berfatwa Oleh Majlis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh. Phd Thesis. Universiti Utara Malaysia.
Amri, Sofan; Ahmadi, Iif Khoiru. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif Dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Gulo, Widodo. 2008. Strategi Belajar Mengajar (Cover Baru). Grasindo.
Mulyawan, Budi. 2013. Pengaruh Pengalaman Dalam Pelatihan Terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Media Komunikasi FIS.
Nasution, Mariam. 2015. Dasar-Dasar Keterampilan Mengajar Matematika. Studi Multidisipliner: Jurnal Kajian Keislaman.
Nurhadi, Burhan Yasin. 2004. Pembelajaran Kontekstual Dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang Pres.
Pratama, Abdul Aziz Nugraha. 2014. Pengaruh Spiritualitas, Intelektualitas, Dan Profesionalisme Terhadap Kinerja Dosen STAIN Salatiga. INFERENSI Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan. https://doi.org/10.18326/infsl3.v8i2.415-436
Sanjaya, Wina.2015. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran.Kencana.
Saragih, A. Hasan. 2008. Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajar. Jurnal Tabularasa. 5 (1). pp. 23-34.
Usman, Uzer. M. 2002. Menjadi Guru Profesional. Edisi Kedua. Cetakan Keempat Belas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ye, Long-Wu; ZHOU, Jian; TANG, Yong. 2008. Phosphine-Triggered Synthesis Of Functionalized Cyclic Compounds. Chemical Society Reviews.
Published
2018-12-28
How to Cite
Gusnita, Erlina. “PENGARUH PELATIHAN DAN DISIPLIN MENGAJAR DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN OLEH GURU SD NEGERI DI KECAMATAN TOAPAYA BINTAN”. PERADA 1, no. 2 (December 28, 2018): 119-128. Accessed August 15, 2020. http://ejournal.stainkepri.ac.id/index.php/perada/article/view/21.
Section
Articles