Panduan Penulisan

Tim editor menerima sumbangan tulisan yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Syarat-syarat, format dan tata aturan, serta tata tulis dapat dilihat pada petunjuk penulisan. Artikel yang masuk akan ditelaah oleh dewan editor untuk dinilai kelayakannya.

 

KETENTUAN PENGIRIMAN NASKAH

  1. Naskah berbasis penelitian atau telaah mendalam (bukan sekedar refleksi atau opini);
  2. Naskah merupakan karya ilmiah orisinil penulis serta tidak mengandung unsur plagiarisme;
  3. Naskah dapat ditulis dalam dua bahasa yakni bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris;
  4. Naskah menggunakan istilah baku serta bahasa yang baik dan benar mengacu kepada Permendiknas Nomor 46 Tahun 2009 tentang EYD;
  5. Naskah harus memuat Informasi Kajian Tarbiyah dan Ilmu keguruan dengan mengedepankan Konsep Tamaddun Melayu:
  6. Naskah diketik sesuai dengan template yang disediakan di Menu Template Artikel atau link ini.

 

Buku

Kotler, Philip. (2000). Marketing Management. New York: Prentice Hall.

Timmons, J. A., Spinelli, S. (2000). New Venture Creation, Entrepreneurship for the 21st Century. Boston: McGraw-Hill.

 

Buku kumpulan artikel

Saukah, A, & Waseso, M.G. (Eds). (2002). Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Malang:

UM Press.

 

Artikel dalam buku kumpulan artikel

Russel, T. (1998). An Alternative Conception: Representing Representation. Dalam P.J. Black & A. Lucas (Eds), Children’s Informal Ideas in Science (hal. 62-84). London: Routledge.

 

Artikel dalam jurnal atau majalah

Harrison, L. Jean and Walker. (2001). The Measurement Of Word Of Mouth Communication and An Investigation Of Service Quality and Customer Commitment As Potential Antecedents. Journal of Service Research, 4 (1): 60-75.

 

Artikel dalam Koran

Pitunov, B. (2002). Sekolah Unggulankah atau Sekolah Pengunggulan? Kompas, hlm. 4 & 11, 13 Desember.

 

Tulisan/berita dalam Koran (tanpa nama pengarang)

Republika. (2013). Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm. 3, 22 April.

 

 

 

 

Dokumen resmi

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1978). Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Armas Duta Jaya.

 

Buku terjemahan

Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

 

Skripsi, tesis, disertasi dan laporan penelitian

Herispon. (2004). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Perkembangan Usaha Industri Kecil di Pekanbaru. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Pasca Sarjana Universitas Andalas.

 

Internet (karya individual)

Hitchcock, S., Carr, L. & Hall, W. (1996). A Survey of STM Online Journals, 1990-1995: The Calm before the Storm. (Online). (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey/survey. html, diakses 10 Juli 2018)

 

Artikel dalam jurnal online

Kumaidi. (1998). Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online). 5 (4), (http://www.malang.ac.id, diakses 20 Januari 2011)

 

Internet (bahan diskusi)

Wilson, D. 20 November 1995. Summary of Citing Internet Sites. NETTRAIN Discussion List, (Online), NETTRAIN@ubvm.cc.bufallo.edu, diakses 22 Oktober 2010.

 

Internet (email pribadi)

Andespa, Roni. (ilhamkepri@kemenag.go.id). 1 Oktober 2016. Artikel Untuk Jurnal. E-mail kepada Sri Ramadhan (sri_ramadhan@gmail.com).

 

  1. Penyajian kutipan, rujukan, tabel dan gambar mengikuti ketentuan dalam pedoman penulisan karya ilmiah atau mencontoh langsung tata cara pada artikel yang telah dimuat;
  2. Semua naskah ditelaah secara anonim oleh mitra bestari (peer-reviews) yang ditunjuk oleh penyunting menurut bidang kepakarannya. Penulis artikel diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi/saran dari mitra bestari atau penyunting. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis;
  3. Segala yang menyangkut perizinan dan pengutipan atau penggunaan software computer untuk pembuatan naskah atau ihwal lain yang terkait dengan HaKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel;
  4. Artikel yang tidak dimuat, tidak akan dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis.