PENDIDIKAN KELUARGA DAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI MASA PANDEMI COVID-19 DESA KERANDIN KECAMATAN LINGGA TIMUR KABUPATEN LINGGA

  • Romi Aqmal
Keywords: Partisipasi, Pendidikan Keluarga,

Abstract

Pendidikan keluarga adalah segala usaha yang dilakukan oleh orang tua berupa pembiasaan dan improvisasi untuk membantu perkembangan pribadi anak. Sehingga pendidikan keluarga menjadi sangat penting dalam upaya perencanaan keluarga dan pembangunan keluarga. Peningkatan partisipasi program KB di masa pandemi Covid-19 merupakan langkah penting dalam pengendalian penduduk dan masalah-masalah sosial lainnya. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui tingkat partisipasi masyaraka terhadap program tersebut dimasa pandemi covid-19 melalui pendekatan perspektif sosiologis. Konsep teori yang digunakan yaitu menurut Kaho (1988:115) menegaskan partisipasi masyarakat dalam 4 hal, pertama dalam proses pembuatan keputusan, dalam pelaksanaan, pemanfaatan hasil dan evaluasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa PUS (Pasangn Usia Subur) dan masyarakat setempat kurang berpartisipasi aktif dalam menjalankan program KB karena faktor pengalaman, efek samping, kebudayaan dan keyakinan. Kondisi ini dapat dilihat dari data capaian target nasional yang belum memenuhi yaitu hanya 53,91 %, permasalahan lainnya yaitu kurangnya sosialisasi yang diberikan, faktor pendidikan, pendampingan, serta kurangnya kerja sama dengan tokoh masyarakat atau keagamaan setempat.

Published
2020-08-16
How to Cite
Aqmal, R. (2020). PENDIDIKAN KELUARGA DAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI MASA PANDEMI COVID-19 DESA KERANDIN KECAMATAN LINGGA TIMUR KABUPATEN LINGGA. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 225-234. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.159
Section
Articles