Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Masyarakat Muslim Gen Z Pengguna Shopee di Kecamatan Toapaya Kabupaten Bintan

Authors

  • Sella Kurnia Sari STAIN Sultan Abdurrahman Kepri
  • Herdina Yusliani STAIN Sultan Abdurrahman Kepri

Keywords:

Hedonic Shopping Motivation, Impulse Buying, Gen Z

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Hedonic Shopping Motivation terhadap Impulse Buying pada masyarakat muslim Gen Z di Kecamatan Toapaya Kabupaten Bintan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 26 meliputi Analisis instrument berupa analisis validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas dapat disimpulkan bahwa data tersebut terdistribusi normal dan uji heteroskedastisitas dapat disimpulkan bahwa model tersebut tidak terdeteksi heteroskedastisitas.  Hasil penelitian uji regresi linier sederhana menunjukkan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,313 atau 31,3%. Pada uji T menunjukkan bahwa hasil t hitung = 6,551 dan t tabel 1,661 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Pada uji F menunjukkan bahwa nilai F hitung = 42,911 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 dari hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan ada pengaruh variabel hedonic shopping motivation (x) terhadap variabel impulse buying (y).

References

Amalia, Yunie. “Pengaruh Hedonic Shopping Motivations Dan Faktor Demografis Terhadap Impulsive Buying Pengunjung Mal.” UIN Syarif Hidayatullah, 2017.

Andrea, Bencsik, Horvath Csikos Gabriella, and Jubas Timea. “Y and Z Generation at Workplace.” Journal of Competitiveness 8, no. 3 (2016).

Arifianti, Ria, Dwi Kartini, Tuhpawana P. Sendajaja, and Yunizar. Gaya Hidup Hedonis. Edited by Wilson Nadeak, Tuhpawana P. Sendjaja, Denie Heriyadi, Wahya, Cece Sobarna, and Dian Indira. 1st ed. Bandung: Bandung: UNPAD PRESS, 2010.

Dewi, Nurmala, Nuraheni, Ayunita, Dian. “Uji Validitas Dan Reliabilitas.” Universitas Diponegoro, 2018.

Elisha, Fitrah Ayu. “Pengaruh Price Discount Dan In-Store Display Terhadap Impulsive Buying Pada Konsumen Minimarket Berkah Mart Kota Pekanbaru.” UIN Suska Riau, 2021.

Farihah, Umi. “Gaya Hidup Hedonisme Dalam Al-Quran.” Institut Ilmu Al-Quran Jakarta, 2021.

Henrietaa. “Impulsive Buying Pada Dewasa Awal Di Yogyakarta.” Jurnal Psikologi Undip 11, no. 2 (2012): 6.

Ismail, Maryam. “Hedonisme Dan Pola Hidup Islam.” Jurnal Ilmiah Islamic Resources 16, no. 2 (2019): 193.

Kiswara Putri, Anggun Suci, and S. Suharyono. “Pengaruh Hedonic Shopping Motives Dan Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying (Survei Pada Konsumen Matahari Department Store Malang Town Square).” Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya 47, no. 2 (2017): 145–153.

Ningrum, Nimas Putri Wisiya. “Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Dengan Browsing Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pengguna Shopee Mahasiswa Kota Malang Di Masa Pandemi).” faculty of economics and Business, Universitas Brawijaya, no. 1 (n.d.).

Permatasari, Amanda, Mohammad Amar Marsa, and Setyonugroho. “Dampak Media Sosial Dalam Quarter Life Crisis Gen Z Di Indonesia.” jurnal ilmiah indonesia 7, no. 6 (2022).

Prasetyo, Bambang, and Lina Miftahul Jannah. Metode Penelitian Kuantitatif Teori Dan Aplikasi. 1st ed. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA, 2019.

Prastiwi, Iin Emy, and Tira Nur Fitria. “Budaya Hedonisme Dan Konsumtif Dalam Berbelanja Online Ditinjau Dari Perpektif Ekonomi Syariah.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 6, no. 3 (2020): 731–736.

Purnomo, Rochmat Aldy. Analisis Statistik Ekonomi Dan Bisnis Dengan SPSS. Cv. Wade Group, 2016.

Rosyada, Lita, and Elvira Sellya Hutagulung. Kabupaten Bintan Dalam Angka 2022. Edited by Lita Rosyada. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 6. kabupaten Bintan: CV Rizky Mandiri, 2022.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitati, Kualitatif, Dan R&D. 28th ed. Bandung: Jakarta: Alfabeta, 2018.

Yuniarti, Vinna Sri. Perilaku Konsumen Teori Dan Praktik. 1st ed. Bandung: CV Pustaka Setia, 2015.

Yusi, Syahirman, and Umiyati Idris. Statistikan Untuk Ekonomi, Bisnis, & Sosial. Edited by Elizabeth Kurnia. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2020.

Zuliyardi, Zicky. Kecamatan Toapaya Dalam Angka 2021. kabupaten Bintan: CV. Berkah Mandiri, 2021.

Downloads

Published

2024-05-31

Issue

Section

Articles