Peningkatan Kemampuan Guru Bahasa Inggris dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis Video Digital Smartphone Menggunakan Aplikasi Kinemaster
DOI:
https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v2i2.546Keywords:
Video Pembelajaran, Bahasa Inggris, Aplikasi KinemasterAbstract
Selama pandemi Covid-19, segala proses pembelajaran yang melibatkan interaksi langsung menjadi terbatas. Pembelajaran berbasis daring yang dilakukan dengan menggunakan smartphone sebagai media menuntut guru khususnya guru bahasa Inggris untuk menjadi kreatif dalam membuat video pembelajaran berbasis digital. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membat video pembelajaran digital berbasis smartphone mennggunakan aplikasi Kinemaster. Metode Participatory Action Research digunakan dalam pengabdian ini. Sebanyak 14 guru Bahasa Inggris Madrasah Aliyah se-Kota Tanjungpinang yang berasal dari MAN Tanjungpinang dan MA Miftahul Ulum Tanjungpinang terlibat sebagai responden. Tahapan kegiatan dimulai dari pengumpulan data, pelatihan penggunaan aplikasi Kinemaster dalam mengedit video pembelajaran serta pendampingan yang dilakukan sebanyak 2 kali. Dari hasil pengabdian ini dihasilkan 14 video pembelajaran yang menarik dan kreatif setelah diedit dengan aplikasi Kinemaster. Sebuah survey kepuasan dilakukan dengan hasil 92.95% responden peserta pelatihan dan pendampingan puas terhadap kegiatan ini.
References
Cabral, D. & Correia, N. (2017). Video editing with pen-based technology. Video editing with pen-based technology Multimed. 76(5), pp. 6889–6914. https://doi.org/10.1007/s11042-016-3329-y
Chen, S.N. (2016). Storyboard-based accurate automatic summary video editing system. Multimedia and Tools Application Journal. 76(18).18409–18423. https://doi.org/10.1007/s11042-016-4160-1
Feinberg, M. A. Song, K.B. & Lim, I.T. (2016). KineMaster: pro video editing on android. ACM SIGGRAPH Proceeding. 7. https://doi.org/10.1145/2936744.2956677
Haryudin, A. & Imanullah, F. (2021). The utilization of kinemaster applications in the making of multimedia based teaching materials for English e-learning in new normal (covid-19). Professional Journal of English Education. 4(2). 341-252. http://dx.doi.org/10.22460/project.v4i2.p341-352
Indriani, E. & Pangaribuan, T.R. (2020). Efektivitas penggunaan media Kinemaster terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Swasta Muhammadiyah 05 Medan tahun pembelajaran 2019/2020.9(2). 154-163. https://doi.org/10.24114/bss.v9i2.19690
Kindon, S. Pain, R. & Kesby, M. (2007). Participatory action research approaches and methods connecting people, participation and place. New York: Routledge Taylor & Francis Group.
Marton, A & Mariátegui. J.C. (2015). De/Contextualizing Information: The Digitization of Video Editing Practices at the BBC. The Information Society Journal. 1(2). 106–120. https://doi.org/10.1080/01972243.2015.998102
McIntyre, A. (2004). Participatory Action Research. London: Sage Publication. Inc.
Rao, B.M. (2014). Use of media as an instructional tool in English Language Teaching (ELT) at undergraduate level. International Journal of English and Literature. 5(6), pp. 141-143, https://doi.org/10.5897/IJEL2014.0580
Serrano, A. Sitzmann, V. Borau, J.R. Wetzstein, G. Gutierrez, D. & Masia, B. (2017). Movie editing and cognitive event segmentation in virtual reality video, ACM Transaction on Graphic Journal. 36(4). 1–12. https://doi.org/10.1145/3072959.3073668
Shen, Y. (2016). A new video editing technology in practical teaching for animation specialty. International Journal of Emerging Technologies in Learning. 11(09). 51-55. https://doi.org/10.3991/ijet.v11i09.6125
Sugihartini, N., Agustini, K., & Pradnyana, I. M. A. (2017). Pelatihan video editing tingkat SMK se- Kota Singaraja. Jurnal Widya Laksana. 6(2).172–180. https://doi.org/10.23887/jwl.v6i2.11781
Suherman, A. (2017). Teknik editing dalam mengkonstruksi citra masyarakat muslim pada program muslim travelers episode “Cahaya Islam di Yamanashi, Jepang”. (Unpublished Undergraduate Thesis). UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta. Indonesia. Diakses melalui: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27111/
Telaumbanua, T. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Warta. (48). https://doi.org/10.46576/wdw.v0i48
Yonantha, F., & Khan, M. (2020). The Effects of Using Information Transfer Technique Toward Students’ Listening Comprehension. SALEE: Study of Applied Linguistics and English Education, 1(2), 89-98. https://doi.org/10.35961/salee.v1i02.149
Yonantha, F., layla, muslena, Taqiyuddin, T., Ajmain, N., & Firdaus, F. (2021). Optimalisasi Penggunaan E-Learning dalam Pelajaran Bahasa Inggris di SMP IT Almadinah di Kota Tanjungpinang. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau (JPPM Kepri), 1(1), 56-64. https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v1i1.191