Pendampingan Branding Improvement dan Digitalisasi Marketing Produk UMKM Berkah Alami “Brangkal Ketela” Desa Prayungan, Kabupaten Ponorogo

Authors

  • Ahmad Suminto University of Darussalam (UNIDA) Gontor
  • Alde Mulia Putra Universitas Darussalam Gontor Ponorogo
  • Iqbal ‘Imari Universitas Darussalam Gontor Ponorogo
  • Muhammad Saddam Alfarisi Tri Atmojo Universitas Darussalam Gontor Ponorogo
  • Faisal Abda’u Sinaga Universitas Darussalam Gontor Ponorogo
  • Hasbi Ash Shiddiq Adiman Universitas Darussalam Gontor Ponorogo
  • Dwika Surya Saputra Universitas Darussalam Gontor Ponorogo
  • Abdul Fatah Universitas Darussalam Gontor Ponorogo
  • Adi Ihza Baharudin Universitas Darussalam Gontor Ponorogo
  • Khizmi Nawawi Universitas Darussalam Gontor Ponorogo
  • Ahmad Sya’roni Universitas Darussalam Gontor Ponorogo
  • Habib Ahmad Fadilah Universitas Darussalam Gontor Ponorogo
  • Muhammad Zia Alfathoni Ali Universitas Darussalam Gontor Ponorogo
  • Hafiz Diaz Adi Ashada Universitas Darussalam Gontor Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v3i2.805

Keywords:

UMKM, Branding Improvement, Re-Branding Produk, Digitalisasi Marketing

Abstract

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam memajukan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Perkembangan era digitalisasi marketing, membuka wacana kepada pelaku ekonomi untuk memanfaatkan media daring (online) sebagai bagian dari peluang pasar yang lebih luas. Oleh sebab itu, pelaku ekonomi dituntut melakukan kerja sama dan terobosan agar produknya sampai kepada konsumen dengan cepat dan luas. Strategi pendampingan menjadi program utama yang diangkat oleh tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 2 Universitas Darussalam Gontor sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat (PKM. Metode pelaksanaan pendampingan adalah Participatory Action Research (PAR). Adapun bentuk kegiatan utama pendampingan yaitu: 1) pendampingan bisnis usaha UMKM melalui re-branding produk; 2) pengembangan produksi dan pemasaran produk dalam menjangkau akses pasar lebih luas; 3) digitalisasi marketing: strategi pemasaran produk melalui media sosial. Hasil pengabdian ini menunjukkan adanya kenaikan omzet pendapatan penjualan yang cukup signifikan setelah adanya program pendampingan. Sebelumnya dalam setiap produksi, hanya diperlukan mentahan ketela sebanyak tiga kuintal. Setelah adanya program pendampingan meningkat menjadi enam kuintal. Dapat disimpulkan bahwa program pendampingan branding improvement dan digitalisasi marketing menunjukkan peningkatan produksi. Pertumbuhan omzet pendapatan penjualan produk meningkat sebanyak 90 persen, tentu juga didukung kontribusi pemasaran yang bertambah luas.

References

Amir, F., Santosa, D. R., & Febrianita, R. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Branding Berbasis Digital sebagai Upaya Pengembangan UMKM di Kelurahan Bulak Banteng. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(2), 1285–1295.

Hashim, S. F., Tajuddin, R. M., & Zainol, A. S. (2015). Creating Resilient SME through Brand Identity (Case Study of Bumiputera Fashion Entrepreneurs in Malaysia). International Academic Research Journal of Social Science, 1(2), 264–282.

Hugo Aries Suprapto, M. R., & Paryono. (2018). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) IKIP Siliwangi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) IKIP Siliwangi, 01(c), 20.

Indrasari, & Meithiana. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. In Nucl. Phys. (Vol. 13, Issue 1).

Jawad, A. A., Mulyono, A., Purwanto, Y., Teknik, F., Studi, P., Industri, T., & Pamulang, U. (2021). Strategi Pengembangan Produk dan Market Keset. 3, 71–79.

Kamaruzaman, K., Amali, I., Heniawati, T., Anggraini, S., Indriani, I., Asyikin, N., Safar, M., Apriyanti, F. L., Hartono, H., Juliana, J., Safari, R., & Zulfikri, A. K. (2022). Pendampingan Masyarakat dalam Upaya Pengembangan Sektor Produktif Melalui Kuliah Kerja Nyata di Desa Pengujan Kabupaten Bintan. JPPM Kepri: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau, 2(1), 55–67. https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v2i1.369

Karyadi, I., Indahwati, & Julindrastuti, D. (2021). Pendampingan pada Usaha Makro Kecil Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Daya Saing Melalui Peningkatan Produktivitas. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi untuk Negeri, 4(1), 60–66.

Marsiah, Azis, A., Maulida, N., Norhikmah, Herlina, D., Aprianto, M. R., Ansyari, M., Sakinah, N., Syafitri, N. A., Pahyuda, P., Maulidiah, S., & Husna, U. K. (2023). Peningkatan Produktivitas Ekonomi Melalui Promosi Media Sosial di Desa Sungai Tabuk, Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah. 3.

Mohamad, T. ., & Debby, A. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76.

Nafasari, Z., Sutrisna, L. M., Susilowati Tiyas, & Purwito, L. (2023). Pendampingan Branding Produk Sebagai Strategi Graduasi Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan di Kelurahan Kepanjen Kidul. SOCIETY Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 109–115.

Palenti, C. D., Prasetyo, I., & Gusti, R. (2020). Pendampingan Masyarakat dalam Pengembangan Destinasi Wisata melalui Pemetaan Kebutuhan. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 11–20. https://doi.org/10.21831/diklus.v4i1.27551

Penyusun, T. (2023). Buku Profil Desa Prayungan.

Prasetya, A. Y., Sugiharti, S., & Fadhila, Z. R. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Desa Boja. Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 102–108. https://doi.org/10.29040/budimas.v3i1.1628

Putra, Y., Santoso, P. Y., & Adhypoetro, R. R. (2021). Branding Produk Dalam Menjaga Loyalitas Konsumen Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cyber PR, 1(1), 11–21.

Putri, K. L. T., & Sariani, N. L. P. (2023). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Desa Padangsambian. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 7(1), 189–193.

Qomar, M. N., Karsono, L. D. P., Fina Zahrotul Aniqoh, Aini, C. N., & Anjani, Y. (2022). Peningkatan Kualitas UMKM Berbasisdigital dengan Metode Participatory Action Research (PAR). Communnity Development Journal, 3(1), 74–81.

Riyanto, S., Azis, M. N. L., & Putera, A. R. (2022). Pendampingan UMKM dalam Penggunaan Digital Marketing pada Komunitas UMKM di Kabupaten Madiun. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 137–142. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.11534

Setiawati, S. D., Retnasari, M., & Diny Fitriawati. (2019). Strategi Membangun Branding bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 125–136.

Suminto, A., & Maharani, S. (2020). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsbility, Islamic Banking Service Quality dan Corporate Image terhadap Loyalitas Nasabah di Bank BRISyariah Kantor Cabang Pembantu Ponorogo. El-Barka: Journal of Islamic Economics and Business, 3(1). https://doi.org/10.21154/elbarka.v3i1.2013

Umarudin, M., Jalaludin, J., & ... (2022). Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM Tanaman Hias Melalui Teknologi Digital di Masa Pandemi Covid-19. … : Jurnal Pengabdian

Wusqo, A. U., Biby Eka Fridayanti, & Aisyah, S. (2023). Pengembangan dan Pendampingan UMKM Dompet Kulit Melalui Digitalisasi Marketing Berbasis Marketplace Shopee untuk Menunjang Pemasaran dan Peningkatan Penjualan. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 7(1), 43–49.

Zahra, I. P., Khoirunisa, Minarti, A., Silfiani, E., Yustia, H., & Alfarisi, U. (2021). Pendampingan dan Pengembangan Inovasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Toko Kuenak di Ciputat Timur. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–4.

Downloads

Published

2023-08-12

How to Cite

Suminto, A., Putra, A. M., ‘Imari, I., Atmojo, M. S. A. T., Sinaga, F. A., Adiman, H. A. S., … Ashada, H. D. A. (2023). Pendampingan Branding Improvement dan Digitalisasi Marketing Produk UMKM Berkah Alami “Brangkal Ketela” Desa Prayungan, Kabupaten Ponorogo. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau (JPPM Kepri), 3(2), 104–120. https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v3i2.805