Pendampingan Siswa Berkesulitan Belajar Matematika Pada Materi Peluang dan Barisan Deret Aritmatika Kelas X MA Rawang
DOI:
https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v3i2.921Keywords:
Barisan dan deret, kesulitan belajar matematika, peluang, pendampingan belajarAbstract
Beberapa siswa mengalami kesulitan belajar baik itu di akademik maupun non akademik, hal ini dikarenakan tingkat kemampuan setiap orang itu berbeda-beda. Peserta didik yang berkesulitan belajar, terutama pada pembelajaran matematika, hendaknya diperhatikan dan dilatih supaya mereka bisa mudah memahami pelajaran. Permasalahan ini juga terdapat pada peserta didik di MA Hamparan Rawang, maka dari itu dilakukan proses pendampingan belajar yang mengalami kesulitan belajar pada materi peluang dan materi barisan dan deret aritmatika. Oleh karena itu pendampingan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari, sehingga siswa yang memiliki kesulitan dalam belajar akan dibantu dan didampingi. Dengan adanya bantuan dari pendamping yang menjelaskan ulang materi agar siswa tersebut lebih paham, hal ini dilakukan untuk melihat sejauh mana potensi yang dimiliki siswa dalam memahami materi. Dari asil pendampingan dengan total siswa 18 orang diperoleh 6 siswa yang memerlukan bantuan pendampingan, namun setelah pendampingan belajar berjalan selama dua kali pertemuan, terdapat perubahan pada peserta didik, pada awalnya siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal matematika namun setelah mendapatkan pendampingan belajar, mereka bisa menyelesaikan soal yang diberikan oleh guru. Pendamping membantu siswa ketika siswa kurang paham terhadap materi, dengan begitu diharapkan siswa bisa lebih paham dan dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman terhadap materi yang diajarkan.
References
Anggraini, I. A., Utami, W. D., Rahma, S. B., & Tangerang, U. M. (n.d.). Mengidentifikasi minat bakat siswa sejak usia dini di sd adiwiyata. 2, 161–169.
Asdar, A., Arwadi, F., & Rismayanti, R. (2021). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika dan Self Confidence Siswa SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1022
Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824
Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi Model Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siwa. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 1(1), 16. https://doi.org/10.28926/briliant.v1i1.2
Harisman, A., Defrian, A., Orizal, B. O., Kurniawan, G., & Ambai, M. (2023). MATEMATIKA DI MTs AL-MUKTARIYAH PADA MATERI. 2(1), 1–7.
Hazmiwati. (2018). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar IPA. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7(1), 178–184.
Khasanah, A. Z. (2013). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Underachiever Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Indonesian Journal of Guidance and Counseling - Theory and Application, 2(3), 66–74.
Marlina. (2019). Asesmen Kesulitan Dr. Marlina, S.Pd., M. S. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Prenadamedia Group.Belajar.
Novita, M., & Putra, A. (2022). Pendampingan Siswa Yang Berkesulitan Belajar Matematika Pada Materi Bentuk Aljabar Kelas Vii Mts Siulak Gedang. 1(1), 1–10.
Siagian, S, P,. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Ke-24. Jakarta :Bumi Aksara
Wiladaeni, A. N., & Akbar, R. T. M. (2021). Pendampingan Belajar untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kampung Maripari Rt 01 Rw 01 Desa Maripari. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 68(Desember), 1–9. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings