Penguatan Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa FKIP UMRAH Melalui Implementasi Lesson Study

Main Article Content

Eko Febri Syahputra Siregar
Febiana Natasha
M. Pemberdi Intasir
Dios Sarkity
Yudi Pratama
Nurul Hilda Syani Putri

Abstract

Pendidikan abad 21 sudah memberi tekanan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dengan meningkatkan keterampilan kolaborasi. Akan tetapi, keterampilan kolaborasi mahasiswa masih terbilang cukup rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh lesson study dalam rangka menguatkan keterampilan kolaborasi mahasiswa FKIP UMRAH. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan lesson study dengan pendekatan kuantitatif. Untuk data, dilakukan pengumpulan dengan metode observasi terhadap 16 orang mahasiswa FKIP UMRAH selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan telah terjadi kenaikan dari 4 aspek yang menjadi indikator penilaian keterampilan kolaborasi mahasiswa. Adapun aspek yang dimaksud adalah aspek bekerja secara produktif, aspek berpartisipasi dan berkontribusi secara aktif, aspek bertanggung jawab bersama untuk menyelesaikan pekerjaan dan aspek menghormati ide-ide orang lain. Kenaikan persentase nilai skor yang diperoleh dari keempat aspek secara berturut-turut pada siklus 1 dan siklus 2 adalah 9,69%, 10,63%, 6,57% dan 0,94%. Sementara itu, pada siklus 2 dan siklus 3, telah terjadi kenaikan persentase nilai skor dari keempa aspek yang ditulis secara runtut yakni 5,43%, 6,25%, 7,81%, dan 5,31%. Oleh karena itu, lesson study dapat dijadikan alternatif dosen dalam menguatkan keterampilan kolaborasi mahasiswa selama pembelajaran berlangsung.

Article Details

How to Cite
Siregar, E. F. S., Febiana Natasha, M. Pemberdi Intasir, Dios Sarkity, Yudi Pratama, & Nurul Hilda Syani Putri. (2024). Penguatan Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa FKIP UMRAH Melalui Implementasi Lesson Study. TANJAK : Journal of Education and Teaching, 5(2), 78–89. Retrieved from https://ejournal.stainkepri.ac.id/index.php/tanjak/article/view/1124
Section
Articles

References

Anggis, E. V. (2016). Penerapan Model Kooperatif JIGSAW Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif dan Hasil Belajar Kognitif. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 493–497.

Annajmi. (2018). Mahasiswa dalam Pembelajaran Kooperatif Make a Match Melalui Implementasi Lesson. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(1), 43–54.

Busrial. (2022). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle). JIEPP: Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran, 2(1), 1–8. Retrieved from http://journal.ainarapress.org/index.php/jiepp

Fauziah, C., Nuvitalia, D., & Saptaningrum, E. (2018). Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Lesson Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2), 125–132. https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i2.3170

Hesse, F., Care, E., Buder, J., Sassenberg, K., & Griffin, P. (2015). A Framework for Teachable Collaborative Problem Solving Skill. Assesment and Teaching of 21st Century Skill: Methods and Approach (Pp., 37–56.

Hidayati, N. (2016). Hubungan Antara Harga Diri dan Kepercayaan Diri dengan Social Loafing pada Mahasiswa. UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.

Kundariati, M., Latifah, A. N., Laili, M. R., & Susilo, H. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi dan Literasi Digital Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Lesson Study Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang. Prosiding Seminar Nasional Dan Workshop Biologi-IPA Dan Pembelajarannya Ke-4, 232–238. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/340939528_Peningkatan_Keterampilan_Kolaborasi_dan_Literasi_Digital_Melalui_Pembelajaran_Biologi_Berbasis_Lesson_Study_Mahasiswa_S1_Pendidikan_Biologi_Universitas_Negeri_Malang

Mahanal, S. (2017). Peran Guru dalam Melahirkan Generasi Emas dengan Keterampilan Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan HMPS Pendidikan Biologi FKIP Universitas Halu Oleo, 1, 1–16.

Mukti, P. (2013). Hubungan antara Kepercayaan Diri dan Motivasi Berprestasi dengan Social Loafing pada Mahasiswa. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Myers, D. G. (2014). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Nadhiroh, P. S., & Trilisiana, N. (2020). Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Teknologi Pendidikan dalam Mata Kuliah kewirausahaan Berbasis Proyek. Epistema, 1(1), 23–30. https://doi.org/10.21831/ep.v1i1.32322

Nuzalifa, Y. U. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Berbasis Lesson Study Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 48–57. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.31774

Oktaviani, R. N. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Mahasiswa pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran di Sd. ELSE (Elementary School Education Journal)?: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 257. https://doi.org/10.30651/else.v6i2.11095

Priyambudi, B., B, A. S., Safitri, D., Susilo, H., Nathalia, & Sudrajat, K. (2016). Implementasi Model Discovery Learning Menggunakan Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Kolaborasi. Prosiding Seminar Nasional Dan Workshop Biologi-IPA Dan Pembelajarannya Ke-4, 4, 629–635.

Saenab, S., Yunus, S. R., & Husain, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan IPA. Biosel: Biology Science and Education, 8(1), 29. https://doi.org/10.33477/bs.v8i1.844

Sholehah, N. (2022). Lesson Study: Penerapan STAD Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan keterampilan Proses Sains. Journal of Classroom Action Research, 4(1). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1337

Sufajar, D., & Qosyim, A. (2022). Analisis Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 10(2), 253–259. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/45054%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/download/45054/40720

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Alfabeta, Ed.). Bandung.

Suryani, Y., Nurjannah, N., Iskandar, I. T., Rokayah, O., & Prasetyo, I. U. (2023). Penerapan Lesson Study dengan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 20(1), 37–44.

Tang, Hironimus, Y. R. T. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis, Kreativitas, Inovatif dan Kolaborasi Melalui Lesson Study Of Learning Community untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. SNHRP-II?: Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, Ke-II, 2019, 332–340.

Wulandari, B., Arifin, F., & Irmawati, D. (2015). Peningkatan Kemampuan Kerja Sama dalam Tim Melalui Pembelajaran Berbasis Lesson Study. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(1), 9–16. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i1.12816

Yolanda, Y., & Lovisia, E. (2023). Lesson Study Mata Kuliah Telaah Kurikulum Buku Teks Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Menggunakan Alur Merdeka. MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika UNWIRA, 1(2), 67–78. https://doi.org/10.30822/magneton.v1i2.2355

Most read articles by the same author(s)