Digitalisasi Transaksi Jual Beli Sayur Dengan Sistem Delivery Order Di Desa Plumpung Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan

Authors

  • Irwan Ramadhani UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Andrie Nindy Dwiantari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Harisma Annisa Al Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v4i2.1684

Keywords:

Digitalisasi Marketing, Jual Beli, Delivery Order

Abstract

Abstrak

Jual Beli sayuran biasanya dilakukan secara tatap muka (face to face), antara penjual dengan pembeli. Namun pada keadaan PPKM sangat mengurangi kontak langsung dengan orang lain, yang menyebabkan pembeli kesusahan untuk mendapatkan sayuran dan penjual kesusahan dalam menjajakan sayurannya. Di era digital ini, sudah semua aspek kehidupan mayoritas sudah menggunakan sistem digitalisasi, tak terkecuali jual beli. Berdasarkan aset yang ada di Desa Plumpung yang merupakan area persawahan serta banyaknya pedagang sayuran skala besar di Desa ini, maka sangat memungkinkan untuk melaksanakan digitalisasi transaksi jual beli sayuran secara online. Metode Asset Based Comunity-Driven Development (ABCD)  ini sangat cocok digunakan dengan pertimbangan aset yang dimiliki dan permasalahan kondisi PPKM yang terjadi saat ini. Dengan mengajak para pemudi Desa, serangkaian proses digitalisasi telah dilakukan, mulai dari pembuatan akun digital, pelatihan desain grafis, promosi, hingga sosialisasi pembayaran non-tunai (cashless). Pembeli hanya melakukan pemesanan secara online kemudian barang pesanan akan diantarkan ke rumah pembeli oleh penjual. Digitalisasi transaksi ini memberikan dampak positif bagi masyarakat, seperti menghemat waktu, tenaga, biaya, serta mempermudah masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari melalui pemanfaatan teknologi digital dengan baik.

References

Adam Abraham Maheswara; Arga Aditya Windiarso; Fariz Rifqi Ahmad; Muhammad Wildannil Haq. (2020). E-Sayur: Platform Jual Beli Sayur. AUTOMATA, Vol. 1 No. 2 (2020). https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/15564/12922

Astawa, I. G. S., ER, N. A. S., & Harini, L. P. I. (2021). Penerapan e-Commerce Berbasis Desa Adat Di Desa Baler Bale Agung Kabupaten Negara Bali. Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 42–47. https://doi.org/10.59458/jwl.v1i1.8

Damayanti, A., Delima, I. D., & Suseno, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Informasi dan Publikasi (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Instagram @rumahkimkotatangerang). Jurnal PIKMA?: Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 6(1), 173–190. https://doi.org/10.24076/pikma.v6i1.1308

HAKIM, A. R., Ramadhani, I., Nikmah, K., & Mukminin, A. (2022). Assistance For Revitalization Of Kelapa Lima Beach Area Based On Religious Moderation As A Tourism Center And Peace Building For The Paputungan Community. Jurnal Al Basirah, 2(2), 97–100.

Hilmi, M. (2022). Buku Ajar Pengantar Desain Komunikasi Visual. Penerbit NEM.

Islam, H. A. A., Taharah, S., Nazla, N. F., Agustrirosa, A., Hardiansyah, F., Habib, R. T., Suriani, A., Jannah, W. V., Kurniawati, N., & Suja, A. (2023). Pemanfaatan Media Digital Dalam Pengembangan Objek Wisata Bintan Penyusuk, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. 3(1).

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IAIN Ponorogo. (2021). Pedoman Kuliah Pengabdian Masyarakat Daring Dari Rumah(KPM-DDR). Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Masnuna, Utami, A. D. W., Semesta, H. G., & Widyasari. (2023). Desain Kemasan Produk Pouch Kartini Bordir Surabaya. Journal of Computer Science and Visual Communication Design, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v8i1.921

Prasetiyo, S. M., Sanira, H., Ismiyati, D., & Karim, M. S. (2022). Desain Grafis Sebagai Media Ungkap Periklanan. BULLET?: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(06), Article 06.

Rahman, M. S., & Amril, L. O. (2024). Penguatan UMKM Melalui Strategi Branding Dan Labelling Produk Di Desa Citaringgul Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v4i1.11692

Rinawati, A., Arifah, U., & H, A. F. (2022). Implementasi Model Asset Based Community Development (ABCD) dalam Pendampingan Pemenuhan Kompetensi Leadership Pengurus MWC NU Adimulyo. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.33507/ar-rihlah.v7i1.376

Siregar, E., & Tisno Atmojo, W. (2022). Impementasi Aplikasi Invoice Untuk Mempermudah Proses Jual Beli Menggunakan Laravel. Jurnal Inovasi Informatika, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.51170/jii.v7i1.261

Sitompul, S. S., Chrispin, G., & Hamzah, M. L. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Battery Sepeda Motor. INVEST?: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.55583/invest.v1i1.18

Susanti, A., Handayani, L. S., Hildayati, S. K., Hertati, L., & Hendarmin, R. M. R. (2023). Branding Dan Labeling Sebagai Upaya Strategi Pemasaran Produk Emping Singkong Umkm Di Desa Petanang. Community Development Journal?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7628–7635. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19133

Widiati, A. (2020). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 8(2). https://doi.org/10.26418/jaakfe.v8i2.40670

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Irwan Ramadhani, Andrie Nindy Dwiantari, & Al Islam, H. A. (2024). Digitalisasi Transaksi Jual Beli Sayur Dengan Sistem Delivery Order Di Desa Plumpung Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau (JPPM Kepri), 4(2), 1–16. https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v4i2.1684