Optimalisasi Penggunaan E-Learning dalam Pelajaran Bahasa Inggris di SMP IT Almadinah di Kota Tanjungpinang
DOI:
https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v1i1.191Keywords:
optimal, Covid-19, Aplikasi Zoom Clouds MeetingAbstract
Pembelajaran daring atau online learning belum maksimal diterapkan di SMP IT Al Madinah dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan tidak melibatkan adanya interaksi langsung selama pembelajaran online yang menggunakan aplikasi Google Classroom dan Whatsapp. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan yang berjujuan untuk mengoptimalisasikan penggunaan E-Learning dalam pengajaran Bahasa Inggris melalui aplikasi Zoom Clouds Meeting sebagai pelayanan yang dilakukan oleh tim pengajar mata pelajaran Bahasa Inggris di sekolah SMP IT Al Madinah selama pembelajaran dari rumah (school from home) yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Total responden pada penelitian ini adalah sebanyak 2 (dua) orang guru Bahasa Inggris, 32 (tiga puluh dua) siswa perempuan dan 32 (tiga puluh dua) siswa laki-laki. Metode pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan adalah Participatory. Langkah-langkah pengabdian ini dilakukan melalui 3 (tiga) tahapan: 1. Persiapan. 2. Implementasi dan 3. Evaluasi. Hal ini juga mencakup satu pertemuan untuk observasi dan pengumpulan data, dua pertemuan untuk mengajar dengan menggunakan aplikasi Zoom Clouds Meeting dan kuisioner dibagikan kepada siswa untuk menelusuri tingkat kepuasan siswa menggunakan Zoom Clouds Meeting selama proses belajar. Hasilnya ditemukan bahwa kebanyakan siswa termotivasi belajar menggunakan aplikasi Zoom Clouds Meeting karena mereka mampu berkomunikasi secara langsung kepada gurunya selama proses belajar. Oleh karena itu, dibuktikan dengan 92,4% siswa perempuan dan 82,6% siswa laki-laki setuju menggunakan E-Learning aplikasi Zoom Clouds Meeting pada mata pelajaran Bahasa Inggris.
References
Asep H Suyanto. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Universitas Terbuka.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran Perananya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava media.
Dewi Salma Prawiradilaga. 2013. Mozaik Teknologi Pendidikan E-learning. Jakarta: Prenadamedia Group.
Effendy, Empy, Hartono Zhuang. 2005. E-Learning, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: ANDI.
Kuswayanto, L. 2006: Mahir Berkomputer. Jakarta: Grafindo
Misbahul Munir & Syafiul Muzid. Persepsi mahasiswa dalam e-learning sebagai aplikasi peningkatan kualitas pendidikan (studi kasus universitas islam indonesia) 2005. Diakses dari http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati /article/viewFile/1301/1060. pada tanggal 4 April 2020, jam 16.20 WIB.
Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh. Bandung: Alfabeta.
R Poppy Yaniawati. 2010. E-Learning dan Alternatif Pembelajaran Kontemporer. Bandung: Arfino Raya.
Rory O’Brien. 1998. An Overview of The Methodological Approach of Action Research http://www.web.net/~robrien/papers/arfinal.html. diakses pada tanggal 23 Oktober 2020, jam 11.00
Setya Raharja, Dkk. 2011. “Model Pembelajaran Berbasis Management System dengan Pengembangan Software Moodle di SMA Negeri Kota Yogyakarta”. Jurnal Kependidikan. Volume 4 (Nomor 1, Mei 2011).
Sutopo Ariesto Hadi. 2012. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tafiardi. 2011. “Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui E-Learning”. Jurnal Pendidikan. (Nomor 1, Mei 2011).