Pendampingan Masyarakat Dalam Upaya Pengembangan Sektor Produktif Melalui Kuliah Kerja Nyata Di Desa Pengujan Kabupaten Bintan
DOI:
https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v2i1.369Keywords:
Pendampingan, KKN, Sektor Produktif, MasyarakatAbstract
Abstrak
Dalam upaya terlaksananya program Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada masa pandemi COVID-19, STAIN Sultan Abdurahman melaksanakan dengan pengaturan yang ketat melalui serangkaian ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah baik itu secara umum maupun aturan khusus tertentu dari Desa lokasi kegiatan. Kegiatan KKN dilakukan pada beberapa sektor pengembangan Desa diantaranya yaitu pendidikan, keagamaan, sosial dan ekonomi masyarakat Desa Pengujan. Metode yang digunakan dengan metode ABCD (Asset Based Community-Driven Development). Hasil yang diperoleh diantaranya adalah kegiatan yang bertujuan untuk menambah wawasan dan ilmu agama warga masyarakat dan dalam konteks yang lebih moderat, membantu peran orang tua dalam pendidikan anak, mengembangkan potensi dan kreativitas anak, mempererat tali silaturrahim warga desa, menumbuhkan sikap kepedulian terhadap lingkungan, mendampingi upaya peningkatan kondisi ekonomi Desa Pengujan. Masyarakat turut andil berpartisipasi dengan antusias yang tinggi untuk mensukseskan program diberbagai bidang yang tersebut. Masyarakat sangat mengapresiasi terlaksananya berbagai kegiatan yang dipelopori oleh warga kampus, dalam hal ini melalui kegiatan KKN STAIN Sutan Abdurrahman Kepulauan Riau Tahun 2021 dan tahun-tahun sebelumnya. Harapan masyarakat agar kegiatan KKN dapat kembali dilaksanakan untuk periode-periode mendatang.
References
Agung, D., Arianto, N., Fajrie, M., & Nugroho Arianto Mahfudlah, D. A. F. (2012). Pembelajaran E-Learning Dalam Pembelajaran. Seruni Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika Dan Komputer, 1(1), 45.
Akhmadi, A. (2019). Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation in Indonesia ’ S Diversity. Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45–55.
Anwar, S. M., Goso, G., & Adil, A. (2017). KKN-PPM Penguatan Ekonomi Desa melalui BUMDES di Desa Poreang Kecamatan Tana Lili Kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan. RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 1(1), 6–12. https://doi.org/10.35906/jipm01.v1i1.239
Budiharjo, E. (1993). Kota Berwawasan Lingkungan. Penerbit Alumni. Bandung.
Chlarantika, F. D. (2017). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Dengan Hasil Belajar Siswa Di Sd Negeri Tambak Aji 03 Ngaliyan Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Hasanah, Uswatun, M. (2021). Moderasi Beragama, Pendidikan Dan Dakwah Keagamaan Di Masa Covid-19 & New Normal. Ngarsa: Journal of Dedication Based on Local Wisdom, 1(2), 59–68.
Kamaruzaman, K., Ulum, S., Susilawati, S., Gultom, L., Mutaqhoro, A., Lindasari, L., Iskarisma, E., Azet, M., Zuhaili, M. S., & Zahari, Z. (2021). Implementasi Program Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Pada Masyarakat Kelurahan Air Raja Kota Tanjung Pinang. JPPM Kepri: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau, 1(2), 128-139. https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v1i2.184
Kurnia, M., Jaya, I., Jalil, A. R., Arya, N., & Amin, S. (2020). KKN Tematik Pemberdayaan Masyarakat melalui Penerapan Teknologi Untuk Peningkatan Taraf Hidup Masyarakat Di Kecamatan Pulau Sembilan Kabupaten Sinjai. Jurnal Pengabdian Masyarakat Hasanuddin, 1(1), 1–9. https://journal.unhas.ac.id/index.php/jpmh/article/view/9579
Muhammad, Q. (2013). Membangun Moderasi Beragama Umat Melalui Integrasi Keilmuan. In Alauddin University Press (Vol. 53, Issue 9).
Permana, E. (2021). Pemberdayaan Anak Panti Asuhan Muhammadiyah Jambi. JPPM Kepri: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau, 1(2), 93-104. https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v1i2.302
Petta Solong, N. (2021). Manajemen Pembelajaran Luring dan Daring Dalam Pencapaian Kompetensi. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 19–32. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v9i1.2064
Rahmat, S., Ikhsanudin, M., Diani, R., Kusuma, Y., Putri, S., Ningrum, P., Afrianti, A., Prasetia, I., Sari, N., Faina, F., & Annisa, N. (2021). Pengolahan Hasil Pertanian dalam Upaya Peningkatan Perekonomian Petani di Kabupaten Bintan. JPPM Kepri: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau, 1(2), 156-167. https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v1i2.265
Rubaidi, R., Farisia, H., & Himami, F. (2020). Moderasi Beragama Berbasis Potensi, Aset, dan Budaya Masyarakat Lokal: Best Practice KKN Nusantara dengan Pendekatan ABCD di Kecamatan Sulamu, Kupang …. 2013(February). http://books.uinsby.ac.id/id/eprint/45/
Salahudin, N., Safriani, A., Ansori, M., Eni, P., Hanafi, M., Naily, N., Zubaidi, A. N., Safriani, R., Umam, M. H., Ilahi, W., Taufiq, A., & Swasono, E. P. (2015). Panduan KKN ABCD.
Syah, D. Z. R., Utari, D., & Adinugraha, T. S. (2020). Edukasi Penerapan Protokol Kesehatan Penyelenggaraan Kegiatan Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Tpq Masjid Awalulmu’Minin Gamping. Jurnal Pengabdian Masyarakat Karya Husada, 2(2), 28–33. http://jurnal.poltekkeskhjogja.ac.id/index.php/jpmkh/article/view/408
Syardiansah, S. (2019). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), 57. https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1.915
Tim P3M STAIN. (2020). Pelaksanaan KKN Covid-19 menggunakan pendekatan ABCD (S. P3M (ed.)). STAIN Sultan Abdurrahman.
Tim Panitia P3M. (2021). Buku Panduan KKN Tahun 2021. In Buku Panduan. Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau.