Pendampingan Penyusunan Soal-soal Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Bagi Guru SD-IT Ar-Refah Tanjungpinang
DOI:
https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v2i1.428Keywords:
pendampingan, penyusunan, HOTSAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk kompetensi guru dalam penyusunan pembuatan soal-soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) di SD-IT Ar-Refah Tanjungpinang. Adapun permasalahan dalam pengabdian ini adalah masih banyak guru yang belum memahami pembuatan Soal-soal HOTS. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode Partisipatory Assesment Research (PAR). Adapun hasil yang didapatkan adalah kategori dari Higher Order Thinking Skill adalah menganalisa, mengevaluasi dan mencipta. Kemudian hasil dari posttest menunjukkan bahwa dari 23 peserta pelatihan didapati 21 peserta telah memahami dan bisa membuat contoh soal-soal berbasis HOTS sedangkan 2 peserta masih belum begitu memahami pembuatan soal-soal HOTS, dari hasil ini jelas bahwa mayoritas peserta berhasil dalam mengikuti pelatihan.
References
Assaly, I. R., & Smadi, O. M. (2015). Using Bloom's taxonomy to evaluate the cognitive levels of master class textbook's questions. English Language Teaching, 8(5), 100-110.
Febrina, F., Usman, B., & Muslem, A. (2019). Analysis of Reading Comprehension Questions by Using Revised Bloom’s Taxonomy on Higher Order Thinking Skill (HOTS). English Education Journal, 10(1), 1-15.
Krathwohl, D. R. (2002). A revision of Bloom's taxonomy: An overview. Theory into practice 41(4), 212-218.
Makhmudah, S. (2016). “Upaya memperbaiki kualitas guru dengan memaksimalkan terpenuhinya kompetensikepribadian dan profesionalisme guru”. Jurnal Studi Islam, 11(1), 80-103
Mardjuki, M. S., Potradinata, S. L. A., & Gusman, A. A. (2017). Secret to Finland’s education success: A reflection foreducation in Indonesia (a literature review). English Language and Literature International Conference (ELLiC), 13(6), 224-230.
Saputra, Hatta. (2016). Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Bandung: SMILE’s Publishing.
Sucipto. (2017). “Pengembangan ketrampilan berpikir tingkat tinggi dengan menggunakan strategi metakognitif model pembelajaran problem based learning”. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 2(1), 63-71.
Yuliati, S. R., & Lestari, I. (2018). “Higher-order thinking skills (HOTS) analysis of students in solving hots question in higher education”. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(2), 181