Metode Visual, Auditorial dan Kinestetik dalam Meningkatkan Mutu Belajar Anak Suku Laut Kawal Pantai
DOI:
https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v2i2.441Keywords:
gaya belajar, visual, auditorial, kinestetik, Rumah PintarAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menerapkan metode visual, auditori dan kinestetik dalam proses pembelajaran di Rumah Pintar. Penerapan metode ini dimaksudkan untuk memberikan warna baru dalam pembelajaran di Rumah Pintar. Kegiatan ini dilakukan pada bulan September-Oktober 2021 saat kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) STAIN Sultan Abdurrahnan dilaksanakan. Kegiatan ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR). Anak-anak di rumah Pintar diberikan materi pelajaran Bahasa Inggris menggunakan ketiga metode yaitu visual, auditori dan kinestetik. Setelah kegiatan ini dilaksanakan, anak-anak di Rumah Pintar lebih mudah menyerap dan memahami materi yang diajarkan. Antusiasme dan semangat anak-anak dalam belajar juga semakin meningkat dengan adanya metode belajar visual, auditori dan kinestetik.
References
Aydin, Bünyamin. 2016. “Examination of the Relationship between Eighth Grade Students’ Learning Styles and Attitudes towards Mathematics.” Journal of Education and Training Studies 4(2):124–30.
Chatib, Munif. 2012. Orangtuanya Manusia: Melejitkan Potensi Dan Kecerdasan Dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak. Kaifa.
DePorter, Bobbi, and Mike Hernacki. 2002. “Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan.(Terjemahan Alwiyah Abdurrahman).” Bandung: Kaifa (Buku Asli Diterbitkan Tahun 1992. New York: Dell Publishing).
Noorbaiti, Rahmita, Noor Fajriah, and R. Ati Sukmawati. 2018. “Implementasi Model Pembelajaran Visual-Auditori-Kinestetik (VAK) Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VII E MTsN Mulawarman Banjarmasin.” EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 6(1):108–16. doi: 10.20527/edumat.v6i1.5130.
Odiri, Onoshakpokaiye E. 2015. “Relationship of Study Habits with Mathematics Achievement.” Journal of Education and Practice 6(10):168–70.
Rahmat, S., Amin, R., & Riana, R. D. (2021). Agama Masyarakat Suku Laut Kampung Panglong Desa Berakit, Kabupaten Bintan (1965-2011). Tsaqofah dan Tarikh: Jurnal Kebudayaan dan Sejarah Islam, 6(1), 85-97. DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ttjksi.v6i1.4474
Samples, Bob, and Rahmani Astuti. 2002. Revolusi Belajar Untuk Anak: Panduan Belajar Sambil Bermain Untuk Membuka Pikiran Anak-Anak Anda. Kaifa.
Sanjaya, Wina. 2010. “Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran Cet III.” Jakarta. Kencana.
Siberman, Melvin L. 2018. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Nuansa Cendekia.
Widari, Tatik Mei. 2012. “Pemenuhan Hak Pendidikan Anak Didik Pemasyarakatan Di Lembaga Pemasyarakatan Anak.” DIH: Jurnal Ilmu Hukum 8(15):240057.
Widayanti, Febi Dwi. 2013. “Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas.” Erudio Journal of Educational Innovation 2(1).
Zagoto, Maria Magdalena, Nevi Yarni, and Oskah Dakhi. 2019. “Perbedaan Individu Dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 2(2):259–65. doi: 10.31004/jrpp.v2i2.481.