Penggunaan Teknologi Multimedia Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Mtsn Kota Tanjungpinang
DOI:
https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v2i2.469Keywords:
Bahasa Arab, pembelajaran, Teknologi multimediaAbstract
Kecerdasan dalam berbahasa Arab menjadi persyaratan penting bagi keberhasilan individu dalam menjawab tantangan zaman di era globalisasi. Pembelajaran Bahasa Arab secara formal di madrasah merupakan sarana utama bagi peserta didik untuk menguasai Bahasa Arab. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa hasil pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) masih jauh dari yang diharapkan, kenyataan ini juga dialami oleh siswa MTsN Kota Tanjungpinang. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pendampingan penggunaan teknologi multimedia dalam pembelajaran Bahasa Arab di MTsN Kota Tanjungpinang, dan mengetahui perubahan pembelajaran Bahasa Arab di MTsN kota Tanjungpinang menggunakan teknologi multimedia. Pengabdian ini menggunakan metode pengabdian bersama dengan sekolah dengan Community Based Research (CBR) yaitu penelitian bersama mengatasi permasalahan di sekolah dalam pembelajaran Bahasa Arab. Adapun pelaku utamanya adalah tim pengabdian, kepala sekolah, guru mata pelajaran Bahasa Arab dan siswa kelas VII sekolah MTsN Kota Tanjungpinang. Hasil kajian ini memberikan peningkatan pengetahuan kepada siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab dan menambah minat para siswa dalam menambah pengetahuan dalam Bahasa Arab dengan menggunankan media komputer.
References
Yasir, A. G. (2019). Efektivitas dan Efisiensi Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Buku al-Arabiyah Baina Yadaika di Ma’had Abu Bakar Universitas Muhammadiyah Surakarta). Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 20(1), 113-125. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jid.v20i1.4767
Al Munir, A., Kafrawi, M., Utama, F., Ikhlas, N., & Husna, M. (2021). Pemahaman Masyarakat Terhadap Fatwa MUI Dan Edaran Pemerintah Tentang Shalat Jamaah Dan Jum’at Di Rumah Kecamatan Tanjung Pinang Timur. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau (JPPM Kepri), 1(2), 117-127. https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v1i2.275
Anshori, Ahmad Muhtadi. (2009). Pengajaran Bahasa Arab Media dan Metodenya. Yogyakarta: Sukses Offset.
Aryad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dermawan, Deni. (2012). Inovasi Pendidikan Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamid, H. A. (2008). Pembelajaran Bahasa Arab: Pendekatan, metode, strategi, materi dan media. Malang: UIN-Malang Press.
Kafrawi, M. (2021). Konsep Tentang Masyarakat Menurut Perspektif Al-Qur’an Al-Karim. PERADA, 4(1), 37-41. https://doi.org/10.35961/perada.v4i1.322
Adi. (2019). Fun Learning “Pengertian Metode Drill dan kenapa banyak yang menentangnya” https://adifunlearning.blogspot.com/2019/06/pengertian-metode-drill.html.
Abdul Muhid, Sumarkan, Rakhmawati, & Lukman Fahmi. (2018). Perubahan Perilaku Open Defecation Free (ODF) melalui Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Desa Babad Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 99-119. http://engagement.fkdp.or.id/index.php/engagement/article/view/27.
Munir. (2012). Multimedia; Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Mulyana, Aina. (2020). “Metode Latihan Drill” https://ainamulyana.blogspot.com/2012/02/metode-latihan-driil.html.
Retnoningsih, Ana dan Suharso. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya.
Surjono, H. D (1995). Pengembangan Komputer-Assisted Instruction (CAI) Untuk Pelajaran Elektronika. Jurnal Kependidikan, 27(2), 95-106. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6317
Tambak, S. (2016). Metode Drill dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13(2), 110-127. DOI: https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(2).1517
Youtube. https://youtu.be/6q0NhV_aCZE )