Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian untuk Guru SMA Negeri 1 Bungkal, Ponorogo, Jawa Timur
DOI:
https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v3i1.496Keywords:
Pelatihan, proposal penelitian, penulisanAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan menulis proposal penelitian bagi guru di SMA Negeri 1 Bungkal, Ponorogo. Permasalahan yang ditemukan adalah minimnya kemampuan guru dalam menulis proposal penelitian, kurangnya sosialisasi tentang pentingnya melakukan penelitian, dan rendahnya motivasi guru untuk mengikuti kompetisi hibah penelitian. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini terdiri dari 3 tahap. Tahap pertama adalah observasi dan diskusi. Kedua adalah pelatihan dan yang ketiga adalah evaluasi dan pengisian kuesioner untuk mengetahui hasil dari pelatihan tersebut. Penyajian materi dibagi menjadi tiga, yaitu penyajian materi tentang topik, penyajian materi teori, dan penyajian materi tentang metode penelitian. Mitra pengabdian yang mengikuti pelatihan tersebut adalah guru bahasa Inggris, guru bahasa Indonesia, guru Biologi, Seni Rupa, dan guru Sejarah. Kegiatan yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bungkal memberikan dampak yang sangat baik, tidak hanya memperluas ide bagi guru, tetapi juga memiliki kemampuan untuk menulis penelitian ilmiah dengan teori dan metode yang sesuai. Hasil laporan penelitian ini menunjukkan bahwa guru yang mengikuti pelatihan dapat membuat judul penelitian yang baik.
References
Abdillah, L. (2022). Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research Definition). SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.4014860
Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1). https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Ekawarna, E., & Salam, M. (2020). Pelatihan PTK: Alternatif Solusi Dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.10519
Handayani, S. L., & Rukmana, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SD. Publikasi Pendidikan, 10(1). https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.9752
Kristiawan, M., Nipriansyah, N., Yanti, F. A., & Viona, E. (2021). Penulisan dan Publikasi Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jurnal Basicedu, 6(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1787
Nursalim, N. (2017). Profesionalisme Guru SD / MI. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n2i10
Prihatni, R., Sumiati, A., & Sariwulan, T. (2019). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru-Guru Yayasan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 3(1). https://doi.org/10.21009/jpmm.003.1.08
Republic of Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia, Tentang Guru dan Dosen. Pemerintah Indonesia.
Slameto, S. (2016). Penulisan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p46-57
Viridi, S., Halid, J., Kristianti, T., & Setiawan, R. (2017). Penelitian Guru untuk Mempersiapkan Generasi Z di Indonesia. Seminar Penelitian Bidang IPA, 7-8 November.