Peningkatan Nilai Keislaman Pada Anak-Anak Melalui Program Rumah Anak Sholeh Di Kampung Keter Laut
DOI:
https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v2i2.512Keywords:
Baca Tulis al Qur’an, Nilai Keislaman, Rumah Anak SholehAbstract
Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh probematika baca tulis Al-Qur’an yang terjadi di lingkungan masyarakat perkampungan Desa Keter Laut, Kelurahan Tembeling Tanjung, Kecamatan Teluk Bintan. Perhatian tim pengabdian adalah anak-anak yang minim kemampuannya dalam baca tulis Al-Qur’an dan pemahaman keagamaan Islam lainnya karena mayoritas masyarakat kampung Keter Laut beragama Islam. Tujuan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk menyediakan Pendidikan Islam memberikan berpengaruh bagi pembentukan ahklak pada anak sebagai tunas bangsa. Pengabdian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) yang merupakan metode riset yang dilaksanakan secara partisipatif di antara kelompok belajar anak di Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) Surau Nurul Fathu, masyarakat Keter Laut dan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) STAIN Sultan Abddurrahman Kepulauan Riau. Tim pengabdian akan berupaya memberikan pelatihan dan pendampingan sebagai stimulus dalam upaya meningkatkan kemampuan anak-anak Desa Keter Laut dalam upaya Baca Tulis Al-Qur’an. Adapun hasil dari pengabdian ini adalah pendidikan nilai keislaman melalui program rumah anak sholeh dengan berbagai kegiatan menarik di dalamnya dapat meningkatkan pemahaman keislaman terutama baca tulis Al-Qur’an kepada anak-anak di Kampung Keter Laut.
References
Abdulhak, ,. (2013). Teknologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Darmawan, D. S. (2020). Peran Masjid Bagi Generasi Millenial. Pamulang: Universitas Pamulang Indonesia.
Ely Manizar HM. (2017). Mengoptimalkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Jurnal Ilmiah Tarbiyah: Tadrib Tulungagung, 3(2). h. 251-277.
Erzad, A.M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2). h. 414-431.
Faisal, S. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan . Surabaya: Usaha Nasional.
Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Harmaini, H, S. Y. (2015). Peran Ayah Dalam Mendidik Anak. Jurnal Psikologi, Vol. 10 No. 2 hlm. 80-85.
Hasanah, N, H. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran di Taman Pendidikan al Qur'an (TPQ). Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat , 1(1).
Ilyas, M, S. (2018). Pentingnya Metodelogi Pembelajaran Bagi Guru. Jurnal Aulia, 4(1). h. 58-85.
Indra D. (2014). Pelaksanaan Manajemen Program Gerakan Maghrib Mengaji di Provinsi Sumatra Barat (Study Komparatif di Tiga Daerah). Jurnal al Fikrah, 2(2), h. 101-113.
Isiqamah H, S. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus di Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta). Jurnal El Miqdad; Jurnal PGMI, 11(2), h. 155-168.
Isnaini, R. (2016). Pengembangan Desa Mandiri Pangan Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Sabagai Usaha Peningkatan Pendapatan (Prociding Seminar Nasional dan Call O Paper). Jurnal Riset dan Pengembangan Masyarakat, 1(1), h. 70-88.
Kartika R, N. (2018). Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji di Nagari Ubuk Basung Kabupaten Agam. Jurnal Of Civic Education, 1(2), h. 141-148.
Kurnia R. (2011). Akhlak Mulia Menjadi Dirimu Yang Terbaik. Jakarta: PT Imperial Bhakti Utama.
Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muhaimin. (2006). Nuansa Baru Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Munthoha, P.Z, W. (2017). Pendidikan Akhlak Remaja bagi Keluarga Kelas Menengah Perkotaan. Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 15(2), h. 241-263.
Nurhabibah. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Keislaman Dalam Keluarga di Lingkungan Lokalisasi Pasar Kembang Yogyakarta. Tadris, 13(2).
Qodim H. (2021). Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN DR Sisdamas) Pengabdian di Masa Pandemi Bermitra dengan Satgas Covid-19. al Khidmat ; Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 1(1).
Sari, P.S. (2021). Kepemimpinan Bisnis. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Suharmi, P. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. GCOUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1, h. 131-145.
Tafsir, A. (2005). Ilmu Pendidikan dalam Prespektif Islam. Bandung: PT. Rosdakarya.
Widjajanti, K. (2011). Model Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 12(1).
Zuhaerini. (1995). Metodik Khusus Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.