Peningkatan Produktivitas Ekonomi Melalui Promosi Media Sosial di Desa Sungai Tabuk, Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah

Authors

  • Marsiah Marsiah IAIN Palangka Raya
  • Abdul Azis IAIN Palangka Raya
  • Nor Maulida IAIN Palangka Raya
  • Norhikmah Norhikmah IAIN Palangka Raya
  • Desi Herlina IAIN Palangka Raya
  • Muhammad Ricky Aprianto IAIN Palangka Raya
  • Muhammad Ansyari IAIN Palangka Raya
  • Nor Sakinah IAIN Palangka Raya
  • Nur Aulia Syafitri IAIN Palangka Raya
  • Pengki Pahyuda IAIN Palangka Raya
  • Siti Maulidiah IAIN Palangka Raya
  • Umu Karimatul Husna IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v3i1.627

Keywords:

Promosi, produktivitas, sosial media

Abstract

Pesatnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia menimbulkan berbagai kesenjangan dalam masyarakat, salah satunya produktivitas sumber daya manusia. Hal ini juga yang dirasakan oleh masyarakat di Desa Sungai Tabuk Kecamatan Pantai Lunci Kabupaten Sukamara Provinsi Kalimantan Tengah, dengan meningkatnya pertumbuhan dan pembangunan menyebabkan meningkatnya kebutuhan masyarakat. Potensi masyarakat di  Desa Sungai Tersebut di dominasi sebagai nelayan maka hasil laut menjadi salah satu sumber mata pencarian yang diharapkan oleh masyarakat. Pengabdian ini bertujuan meningkatkan produktivitas ekonomi masyarakat di Desa Sungai Tabuk melalui pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Penulisan ini menggunakan metode pendekatan Asset Based Community Development (ABCD). Hasil pengabdian menunjukkan bahwa produktivitas ekonomi di Desa Sungai Tabuk meningkat dengan tervukanya lapangan kerja bagi masyarakat di desa tersebut dan didukung oleh pemasaran melalui media sosial sehingga kehidupan masyarakat menjadi lebih makmur.

References

Augustinah, F., & Widayati. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong Di Kabupaten Sampang. Jurnal Dialektika, 4(2), 1–20. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/292595-pemanfaatan-media-sosial-sebagai-sarana-6c6eab47.pdf

Diningrum, D. F., Nuraini, E., Anisa, K., Intan, D., Saputra, S., Syariah, E., … Bisnis, D. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Pada Bisnis Jamur Crispi Fen Claire. Jurnal Abdimastek (Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi), 2(1), 06–12. Diambil dari http://jurnal.atmaluhur.ac.id/index.php/abdimastek/article/view/1080

Fredik, T. F., & Dewi, S. I. (2018). Analisis Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 7(2), 84–88.

Indriani, M. (2016). Peran Tenaga Kerja Indonesia dalam Pembangunan Ekonomi Nasional. Gema Keadilan, 3(1), 74–85. https://doi.org/10.14710/GK.2016.3644

Mulyati, & Suhaety, Y. (2021). Peranan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam Meningkatkan Pemberdayaan Perempuan di Desa Matua Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 288–294. https://doi.org/10.54371/AINJ.V2I3.94

N, M. F., & Zulfiani, D. (2021). Indikator Pengembangan Desa Wisata (I). Jawa Timur: CV Literasi Nusantara Abadi.

Rifa’i, M. (2017). Efektivitas Promosi Online Dalam Pengambilan Keputusan Oleh Konsumen. Optima, 1(2), 67–73

Samsu. (2017). Metode Penelitian: (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). (Rusmini, Ed.) (I). Jambi: Pusaka jambi. Diambil dari http://repository.uinjambi.ac.id/468/1/06_Metode Penelitian %28Teori %26 Aplikasi Penelitian Kualitatif_ Kuantitatif_ Mixed Methods_ serta Research and DEvelopment%29 - Samsu %281%29.pdf

Suryani, ita. (2014). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk dan Potensi Indonesia dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf RI dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat). Jurnal komunikasi, 8(2), 123–138. Diambil dari https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/view/6471

Wahyuningsih, R., & Pradana, G. W. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Desa Hendrosari Melalui Pengembangan Desa Wisata Lontar Sewu. Publika, 323–334

Downloads

Published

2023-02-27

How to Cite

Marsiah, M., Azis, A., Maulida, N., Norhikmah, N., Herlina, D., Aprianto, M. R., … Husna, U. K. (2023). Peningkatan Produktivitas Ekonomi Melalui Promosi Media Sosial di Desa Sungai Tabuk, Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau (JPPM Kepri), 3(1), 55–64. https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v3i1.627