Peningkatan Produktivitas Ekonomi Melalui Promosi Media Sosial di Desa Sungai Tabuk, Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah
DOI:
https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v3i1.627Keywords:
Promosi, produktivitas, sosial mediaAbstract
Pesatnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia menimbulkan berbagai kesenjangan dalam masyarakat, salah satunya produktivitas sumber daya manusia. Hal ini juga yang dirasakan oleh masyarakat di Desa Sungai Tabuk Kecamatan Pantai Lunci Kabupaten Sukamara Provinsi Kalimantan Tengah, dengan meningkatnya pertumbuhan dan pembangunan menyebabkan meningkatnya kebutuhan masyarakat. Potensi masyarakat di Desa Sungai Tersebut di dominasi sebagai nelayan maka hasil laut menjadi salah satu sumber mata pencarian yang diharapkan oleh masyarakat. Pengabdian ini bertujuan meningkatkan produktivitas ekonomi masyarakat di Desa Sungai Tabuk melalui pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Penulisan ini menggunakan metode pendekatan Asset Based Community Development (ABCD). Hasil pengabdian menunjukkan bahwa produktivitas ekonomi di Desa Sungai Tabuk meningkat dengan tervukanya lapangan kerja bagi masyarakat di desa tersebut dan didukung oleh pemasaran melalui media sosial sehingga kehidupan masyarakat menjadi lebih makmur.
References
Augustinah, F., & Widayati. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong Di Kabupaten Sampang. Jurnal Dialektika, 4(2), 1–20. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/292595-pemanfaatan-media-sosial-sebagai-sarana-6c6eab47.pdf
Diningrum, D. F., Nuraini, E., Anisa, K., Intan, D., Saputra, S., Syariah, E., … Bisnis, D. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Pada Bisnis Jamur Crispi Fen Claire. Jurnal Abdimastek (Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi), 2(1), 06–12. Diambil dari http://jurnal.atmaluhur.ac.id/index.php/abdimastek/article/view/1080
Fredik, T. F., & Dewi, S. I. (2018). Analisis Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 7(2), 84–88.
Indriani, M. (2016). Peran Tenaga Kerja Indonesia dalam Pembangunan Ekonomi Nasional. Gema Keadilan, 3(1), 74–85. https://doi.org/10.14710/GK.2016.3644
Mulyati, & Suhaety, Y. (2021). Peranan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam Meningkatkan Pemberdayaan Perempuan di Desa Matua Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 288–294. https://doi.org/10.54371/AINJ.V2I3.94
N, M. F., & Zulfiani, D. (2021). Indikator Pengembangan Desa Wisata (I). Jawa Timur: CV Literasi Nusantara Abadi.
Rifa’i, M. (2017). Efektivitas Promosi Online Dalam Pengambilan Keputusan Oleh Konsumen. Optima, 1(2), 67–73
Samsu. (2017). Metode Penelitian: (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). (Rusmini, Ed.) (I). Jambi: Pusaka jambi. Diambil dari http://repository.uinjambi.ac.id/468/1/06_Metode Penelitian %28Teori %26 Aplikasi Penelitian Kualitatif_ Kuantitatif_ Mixed Methods_ serta Research and DEvelopment%29 - Samsu %281%29.pdf
Suryani, ita. (2014). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk dan Potensi Indonesia dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf RI dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat). Jurnal komunikasi, 8(2), 123–138. Diambil dari https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/view/6471
Wahyuningsih, R., & Pradana, G. W. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Desa Hendrosari Melalui Pengembangan Desa Wisata Lontar Sewu. Publika, 323–334