Pelatihan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab (Maharah Kalam) Melalui Program Yaumul ‘Arabiyah bagi Guru dan Karyawan di Pondok Pesantren Adzkiya Tanjungpinang
DOI:
https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v3i1.734Keywords:
Maharah kalam, yaumul ‘arabiyah, keterampilan berbahasa ArabAbstract
Pondok Pesantren Adzkiya Tanjungpinang adalah salah satu pondok yang ingin menerapkan Bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi antara penghuni pondok, namun hal itu terkendala dengan adanya beberapa guru dan karyawan pondok yang kurang menguasai Bahasa Arab bahkan ada juga yang belum pernah belajar sama sekali. Hal ini memotivasi tim pengabdian untuk memberikan solusi dari masalah tersebut yaitu dengan menerapakan program yaumul ‘arabiyah, dimana semua penghuni pondok diwajibkan berbahasa arab pada hari yang telah disepakati bersama. Sasaran pengabdian adalah guru dan karyawan Pondok Pesantren Adzkiya Tanjungpinang. Permasalahan diselesaikan dengan empat tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, pengawasan dalam penerapan yaumul ‘arabiyah dan evaluasi yang dilakukan secara lisan dan tulisan. Dari kegiatan ini mampu meningkatkan motivasi dan kemampuan para guru dan karyawan dalam berbicara Bahasa arab. Hal ini dibuktikan melalui hasil postes tentang kemampuan berbahasa Arab dengan nilai rata-rata 92,8 dan juga hasil wawancara berbahasa Arab langsung dengan tim pengabdian yang sebelumnya mereka hanya mendapat nilai rata-rata 48,15.
References
Afandi, A. (2020). Parcipatory Action Research (PAR): Metodologi Alternatif Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Malang: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Al-Suyuti, J. Al-Itqan fi Ulum al-Quran. Beirut: Dar al- Fikr
Al-Zarkasyi. (1984). Al-Burhan fi Ulum al-Quran, Cet. III. Kairo: Dar al-Turas.
Aziz, A. (2009). Psikolinguistik Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.
Effendy, A. (2009). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab.Malang: Misykat.
Huda, A. (2015). Strategi Belajar Bahasa Arab dan Inggris Ala Gontor. Retrieved from https://www.kompasiana.com/amirul685/566c040dcf7a61eb0c96343d/strategi-belajar- bahasa-arab-dan-inggris-ala-gontor#google_vignette)diakses. diakses tanggal 13 Oktober 2021 pukul 21.05 WIB
Kafrawi, M., Luthfi, A., & Munir, M. (2022). Penggunaan Teknologi Multimedia Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Mtsn Kota Tanjungpinang. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau (JPPM Kepri), 2(2), 88-97. https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v2i2.469
Meishanti, O. P. Y., Rahmawati, R. D., & Nafingah, N. (2020). Pelatihan Berbahasa Arab Melalui Keterampilan Berbicara (Maharah al-kalam) Metode Muhadatsah menggunakan Pocket Book. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16–23. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/1037
Munzir, I. (1999). Lisan Al Arab, Cet. III. Beirut, Dar Ihya Al Turas, Al Arabi.
Pringgawidagda, S. (2002). Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Rahman, A. (2021). Peran Lingkungan Bahasa Arab dalam Meningkatkan Penguasaan Bahasa Arab pada Pesantren Izzur Risalah Panyagungan. Prosiding Konferensi Nasional I Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(1), 83-92. Retrieved from https://proceeding.stain-madina.ac.id/index.php/PROSIDINGNASIONAL-I/article/view/11
Razin, A., Razin, U. (2015). Ilmu Nahwu untuk Pemula, Pustaka Bisa.
Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme. Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sauqi, D. (2011). Al-Mu'jam Al-Wasith, Maktabah Syurouq
Shigorbengkulu, 2020. Metode Belajar Bahasa Ala Gontor. Retrieved from https://www.shigorbengkulu.com/2020/09/metode-belajar-bahasa-ala-gontor.html?m=1. diakses tanggal 13 Oktober 2021 pukul 22.19 WIB
Ulum, M., Zaman, B. ., Munawaroh, W. ., & Ummah, R. . (2021). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Metode Al-Mubasyaroh Untuk Meningkatkan Maharoh Al-Kalam Peserta Didik LIPs-SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Al-Ijtimā: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 159–173. https://doi.org/10.53515/aijpkm.v1i2.24