Optimalisasi Program “English For Public Speaking” Untuk ?Santri/Santriwati Pondok Pesantren di Mandailing Natal
DOI:
https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v3i1.740Keywords:
Public speaking, pondok pesantren, pelatihanAbstract
Kemampuan berbahasa Inggris di era globalisasi ini diperlukan oleh para siswa dan juga para santri. Akan tetapi dalam pelaksanaannya pembelajaran bahasa Inggris di pondok pesantren di Mandailing Natal belum maksimal. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan public speaking di pondok pesantren dengan harapan mereka mempunyai kecakapan yang memadai nantinya. Sehingga mampu mereka aplikasikan dalam dunia nyata seperti dalam pekerjaan atau di masyarakat. Subjek dari pengabdian ini adalah pondok pesantren yakni Bi’tsatul Islamiyah dan Daarul Ikhlas di Dalan Lidang dengan jumlah peserta 20 orang masing-masing pesantren. Pengabdian ini menggunakan metode CSL (Community Service Learning) yang melibatkan social community dan kampus secara aktif. Setelah dilakukan pelatihan, sebanyak 60 persen kemampuan public speaking santri meningkat. Selain itu mereka sudah memahami teknik dasar dan aplikasi nyata public speaking. Hasil pengabdian ini berguna bagi para santri secara personal maupun karier mereka nanti.
References
Baska, Joyce VanTassel. (2003). Differentiating the Language Arts for High Ability Learners, in the journal of the ERIC EC Digest, http://www.nagc.org/index.aspx?id=167.
Dhofier, Zamakhsyari. (2011). Tradisi Pesantren Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3S
Efrizal, Dedi. (2012). Improving Students’ Speaking through Communicative Language TeachingMethod at MTs Ja-alhaq, Sentot Ali Basa Islamic Boarding School of Bengkulu, Indonesia. International Journal of Humanities and Social Science. 2(2)-127
Eyler, J., D. Giles, C. Stenson, and C. Gray. (2001). At a Glance: What We Know about the Effects of Service- Learning on College Students, Faculty, Institutions, and Communities. Vanderbilt University
Hewitt, Ralph., Marry, Little (2005). Leading Action Research in Schools.
United States of America: University of Central Florida.
Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Tahun 2019 Tentang Implementasi Kurikulum pada Madrasah
Nunan, David. (2003). Practical English Language Teaching. New York: Mc Graw Hill. Pangakalan Data Pondok Pesantren (PDDP) Kementerian Agama Republik IndonesiaRichard, Jack. C.(1990). The Practice of English Language Teaching 3rd Ed. New York: Pearson Education Limited.
Robert G. Bringle, Julie A. Hatcher, and Rachel E. McIntosh, “Analyzing Morton‟s Typology of Service Paradigms and Integrity,” Michigan Journal of Community Service Learning, MJCSL 13-1 10/11/06 (Fall 2006): 5-15
Shrum, Judith L, and Eileen W. Glisan. (2000). Teacher’s Handbook: Contextual Language Instruction. Amerika: Heinle & Heinle.