Pelatihan Pembuatan Booklet Sebagai Media Edukasi Pembelajaran English for Young Learners
DOI:
https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v3i2.984Keywords:
Booklet, Media Edukasi Pembelajaran, English for young LearnersAbstract
Kemampuan berbahasa dan berkomunikasi merupakan kebutuhan yang esensial untuk awal proses sekolah. Dalam perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia, Bahasa Inggris merupakan ilmu dasar yang harus dipelajari oleh setiap pebelajar. Oleh karena itu, materi Bahasa Inggris sudah dikenalkan sejak pendidikan anak usia dini meskipun sebagai materi tambahan. Maksud dan manfaat dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu menambah wawasan para guru di Taman Kanak-kanak Al Madinah Jombang tentang booklet sebagai Media Edukasi Pembelajaran (MEP) Bahasa Inggris untuk anak usia dini, serta untuk menginspirasi guru dalam mengembangkan MEP Bahasa Inggris yang sesuai dengan kebutuhan anak didik. Permasalahan yang dihadapi mitra yaitu minimnya referensi terkait MEP, khususnya MEP terkait pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak usia dini. Adapun metode pelaksanaan yang digunakan terdiri dari tiga tahap: (1) persiapan (perizinan ke mitra & pembuatan materi pelatihan), (2) implementasi dan (3) evaluasi, peyusunan laporan akhir dan publikasi. Adanya pelatihan Booklet berbasis tematik menggunakan aplikasi microsoft publiser menjadi salah satu alternatif MEP Bahasa Inggris di TK Al Madinah, serta memberikan dampak yang positif bagi guru dalam mengembangkan MEP Bahasa Inggris.
References
Agustin, M. (2014). Efektifitas Pendidikan Kesehatan Media Booklet Dibandingkan Audiovisual Terhadap Pengetahuan Orang Tua Tentang Karies Gigi Pada Anak Usia 5-9 Tahun Di Desa Makamaji. Retrieved from https://eprints.ums.ac.id/.
Darmoko. (2012). Media Pembelajaran Booklet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Petani. Jurnal Penelitian Pertanian, 2(13), 57-68.
Ina, A.A., & Septiani, B.N. (2020). Stimulasi Tumbuh Kembang Pada Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri, 4( 1), 18-23.
Intika, T. (2018). Pengembangan Media Booklet Science for Kids Sebagai Sumber Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1 (1),10-17.
Hanifah, Afrikani & Indriyani. (2020). Pengembangan Media Ajar E-Booklet Materi Plantae Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa. Journal of Biology of Education Research. l (l), l0 - l6.
Hartati, dkk. (2020). Pengenalan Booklet Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini di TK Nur Ikhsan Kota Baubau. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri,4(2), 196-202.
Meishanti, O.P.Y, dkk. (2020). Pelatihan Berbahasa Arab Melalui Keterampilan Berbicara (Maharah al-kalam) Metode Muhadatsah menggunakan Pocket Book. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan., 1(1), 1-8.
Musdalipah, dkk. (2022). Pemberdayaan Masyarakat melalui Edukasi GEMA CERMAT: Penggunaan Antibiotik Menggunakan Media Booklet dengan Metode CBIA (Cara Belajar Insan Aktif). DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4), 931-938. doi:10.31849/dinamisia.v6i4.9431.
Nugraha, R.S. (2017). Media Pembelajaran Booklet. Retrieved from https://www.tintapendidikan indonesia.com/2017/07/media-pembelajaran-booklet.html?m=1.
Prananda, A., Mahadi., I & Suzanti. F. (2022). Pengembangan E-Booklet Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Balajar Peserta Didik (Discovery Learning -Based E – Booklet Development For Increase Students Interest Learning). BIO-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 277-286.
Safitri, A., Noorhidayati & Amintarti. S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia Biologi SMA Dalam Bentuk Booklet Digital. BIOMA, 3(2), 13-30.
Sari, D. K. (2017). Penerapan Media Booklet untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa (Membaca Awal) Pada Kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 34 Kendal. Retrieved from https://lib.unnes.ac.id/.
Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Violla, R. & Fernandes, R. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran E-Booklet Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran. 3(1), 13 – 23.
Yusuf, M. dkk. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Perang Lasem dalam Bentuk Booklet Untuk Pembelajaran Sejarah Lokal di SMA Negeri 1 Lasem. Indonesian Journal of History Education, 7 (1), 50-58.