PERTAUTAN ANTARA AL-QUR’AN DAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMIKIRAN FAZLUR RAHMAN SEBUAH KRITIK ATAS WACANA PENDIDIKAN ISLAM
Main Article Content
Abstract
Fazlur Rahman adalah salah satu kalangan intelektual kontemporer yang mengambil berat terhadap perkara keummatan. Fazalur Rahman, dengan keintelektualannya berpengaruh setidaknya untuk kawasan Pakistan, Malaysia, Indonesia serta di Chicago Amerika. Fazlur Rahman bersikap kritis baik terhadap warisan Islam maupun terhadap barat. Ia mengembangkan suatu metode yang dapat memberi alternatif solusi atas problem-problem umat Islam kontemporer. Salah satu yang menjadi sorotannya adalah masalah pendidikan Islam, yang menurutnya terdapat dikotomi dan dalam rangka upaya integral yang terdikotomi ini, fazlur Rahman menawarkan al-Qur’an sebagai basis sumbernya, al-Qur’an dalam arti mengambil nilai spiritnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui biografi Fazlur Rahman, (2) Konsep pemikiran pendidikan Fazlur Rahman, (3) Pertautan al-Qur’an dan pendidikan Islam dalam pemikiran Fazlur Rahman.