Integrasi Konsep Akhlak Al-Ghazali dalam Pengembangan Kompetensi Konselor Islam
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi integrasi konsep akhlak Al-Ghazali dalam pengembangan kompetensi konselor Islam. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana nilai-nilai akhlak yang diajukan oleh Al-Ghazali dapat diimplementasikan dalam praktik konseling Islam untuk meningkatkan efektivitas dan kualitas layanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka dengan analisis kualitatif terhadap literatur yang relevan mengenai akhlak Al-Ghazali dan teori konseling Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai akhlak Al-Ghazali, seperti kejujuran, kesabaran, dan empati, dapat memperkuat kompetensi konselor dalam memberikan layanan yang lebih bermakna dan sesuai dengan kaidah Islam. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan akhlak Al-Ghazali dalam konseling Islam tidak hanya meningkatkan hubungan antara konselor dan klien, tetapi juga memperkuat landasan moral dan etika dalam praktik konseling.
Article Details
References
Al-Ghazali. (2017). Jalan Para Pencari Allah Diterjemahkan dari Kitab Mi’rajus Salikin dari Majmu’ah Rasa’il. TUROS.
Cholid, N. (2019). Konsep Kepribadian Al-Ghozali Untuk Mencapai Hasil Konseling yang Maksimal. Mawa’Izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 9(1), 55–75. https://doi.org/10.32923/maw.v9i1.716
Ermalianti, E., & Ramadan, W. (2022). Penguatan Kompetensi Konselor dalam Memberikan Layanan Bimbingan dan Konseling Islam. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 20(2), 81–92. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/alhadharah/article/view/6002
Fitri, L., & Syakur, M. (2022). Kepribadian Ideal Konselor Islam dalam Qasidah Munfarijah Karya Syekh Yusuf Bin Muhammad Yusuf At-Tuzi. Konseling At-Tawazun?: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(2), 87–99. https://doi.org/10.35316/attawazun.v1i2.2060
Imam Ghazali. (2020). Pembebas dari Kesesatan (Al-Munqid Minad Dhalal). Al-Muqsith Pustaka.
Jauhari, W. (2017). Hujjatul Islam al-Imam al-Ghazali. Rumah Fiqih Publishing.
Mardani, A., & Rahman, A. (2020). Pendidikan Akhlak Perspektif Al-Ghazali Dalam Mengatasi Masalah Sosial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 6(1), 45-56.
Massuhartono, & Mukaromah, H. (2019). Konsep Kepribadian Menurut al-Ghazali dan Kontribusinya dalam Proses Konseling. Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 201–218.
Mufid, A. (2020). Maqasid al-Qur’an Perspektif Muhammad al-Ghazali. Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab Dan Dakwah, 2(1), 64–92. https://doi.org/10.32939/ishlah.v2i1.4
Nisa, K. (2016). Al-Ghazali: Ihya’ Ulum Al-Din Dan Pembacanya. Jurnal Ummul Qura, 8(2), 15.
Pane, R. M. (2016). Kompetensi Kepribadian Konselor dalam Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Islam. Hikmah, 10(2), 1–15.
Zuhal, M., & Syakur. (2022). Kepribadian Ideal Konselor Islam Berdasar Nilai Dalam ??????? ???? ?? ????? Karya Habib Abdullah. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(1), 38–49.