Pembelajaran berbasis Multiple Intelligence Melalui Budaya Sekolah di Thursina International Islamic Boarding School (IIBS) Malang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep pembelajaran berbasis multiple intelligences dan bagaimana implementasi pembelajaran berbasis multiple intelligences di International Islamic Boarding School (IIBS) Malang. Penelitian ini termasuk dalam deskriptif kualitatif yang berfokus pada penjabaran bagaimana implementasi pembelajaran berbasis multiple intelligence melalui budaya sekolah di Thursina International Islamic Boarding School (IIBS) Malang. Teknik pengambilan data yang dipilih adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis kualitatif milik Miles dan Huberman dengan empat langkah sebagai berikut: Pertama, pengumpulan data, data- data dati wawancara, dokumentasi dan observasi dikumpulkan hingga siap untuk diolah. Kedua, reduksi data yaitu dengan melakukan proses pemilihan, pemusatan perhatian pada pada penyederhanaan, pengabstrakan, dan transformasi data “kasar” yang muncul dari catatan di lapangan. Ketiga, penyajian data yaitu proses pengumpulan informasi tersusun yang memberi kemungkinan adanya penarikan kesimpulan dan pengambilan tindakan. Keempat, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berbasis multiple intelligences di IIBS Malang terlaksana melalui budaya sekolah berikut: profil sekolah, visi misi, prinsip budaya, kurikulum dan sarana prasarana
Article Details
References
Alkorashy, A. E., & Boudy, Z. A. (2020). Multiple Intelligences in Relation to Academic Adjustmen among Students at King Faisal University. The Scientific Jounal og King Faisal University, 21(2), 282–294.
Amelia, R., Saputro, A. I., & Purwanti, E. (n.d.). Internalisasi Kecerdasan IQ, EQ, SQ dan Multiple Intelegences Dalam Konsep Pendidikan Islam (Studi Pendekatan Psikologis). 34– 43.
Annas Ribab Sibilana. (2020). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences di Markaz Arabiyah Pare Kediri. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1), 48–62. https://doi.org/10.33367/ijies.v3i1.1123
Arafah, A. L. A., Widiyastuti, L., Sada, H. J., & Bahri, S. (2021). Multiple Intelligence Dalam Prespektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 319–348.
Ba?, G. (2016). The effect of multiple intelligences theory-based education on academic achievement: A meta-analytic review. Kuram ve Uygulamada Egitim Bilimleri, 16(6), 1833–1864. https://doi.org/10.12738/estp.2016.6.0015
Damen, L. (1987). Culture Learning: The Fifth Dimension on the Language Classroom. Addison-Wesley.
Deal, T. E., & Peterson, K. D. (2016). Shaping School Culture. Jossey-Bass.
Delgoshaeia, Y., & Delavaria, N. (2012). Applying multiple-intelligence approach to education and analyzing its impact on cognitive development of pre-school children. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 32(2010), 361–366. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.01.054
Dwi Cahyo, D. (2021). Gardner Dalam Buku Multiple Intelligences ( Kecerdasan Majemuk ) Dan Relevansinya Dalam Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Bengkulu Tahun 2021 M / 1442 H. In Skripsi.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. (2022). Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi), 6(1), 339–344. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5697
Harahap, M. novasari. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif Model Miles Dan Huberman. Manhaj, 18(1), 2463–2653. http://jurnal.staiuisu.ac.id/index.php/manhaj/article/view/5/9
Hernandez-Torrano, D., Ferrandiz, C., Ferrando, M., Prieto, L., & del Carmen Fernandez, M. (2014). The theory of multiple intelligences in the identification of high-ability students. In Anales de Psicología (Vol. 30, Nomor 1, hal. 193–201). https://doi.org/10.6018/analesps.30.1.148271
IIBS. (n.d.). Our Aspiration: Thursina IIBS of Holistic and Balancing Education. https://thursinaiibs.sch.idRitonga,
A. W. (2021). The Orientation Of Multiple Intelligence Framework In Learning Arabic In Digital Era. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 107–126. https://doi.org/10.32699/liar.v5i2.2001
Rudwi Hantoro, R., & Dkk. (2022). Isu-isu Global Dalam Manajemen Pendidikan. Semesta Aksara.
Sahnan, A. (2019). Multiple Intelligence dalam Pembelajaran Pai (Al-Qur`An Hadits Sd/Mi). Auladuna?: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 44–66. https://doi.org/10.36835/au.v1i1.162
Shearer, C. B. (2020). Multiple Intelligences in Gifted and Talented Education: Lessons Learned From Neuroscience After 35 Years. Roeper Review, 42 (1), 49–63. https://doi.org/10.1080/02783193.2019.1690079
Suking, A., & Tajuddin, R. (2017). The School Strategy in Multiple Intelligence Based Students’ Character Building. 118, 92–97. https://doi.org/10.2991/icset-17.2017.16
Sulistyo, S. (2011). Pendidikan Karkter Berbasis Mutiple Intelligences. Metamorfosis, 19, 232– 237.
Sundari, F. S., Safitri, N., & Supena, A. (2022). Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/27061%0Ahttp://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/download/27061/12549
Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Model Spradley. Research Gate, March, 1–9. https://www.researchgate.net/publication/323557072
Winarti, A., Yuanita, L., & Nur, M. (2019). the Effectiveness of Multiple Intelligences Based Intelligences and Science Process Skills of Junior High. Journal of Technology and Science Education, 9 (2), 122–135.