Dampak Sosial Proses Pembelajaran Daring Pasca Pandemi Covid-19 di MTS Miftahul Ulum Kawal

Main Article Content

Romi Aqmal
Yahya Komarudin
Kamaruzaman

Abstract

Dampak sosial dari sistem pembelajaran daring pasca pandemi covid-19 merupakan pengaruh atau akibat dari gejala sosial yang terjadi pada sistem pembelajaran sehingga mengakibatkan perubahan yang bersifat positif atau negatif terhadap lingkungan sosial dan keadaan sosial sekolah tersebut. Maka untuk mendalami telaah pada  penelitian ini digunakan metode diskriptif kualitatif. Tujuannya adalah untuk menganalisis dampak sosial dari pembelajaran daring pasca Pandemi Covid-19 di MTs Miftahul Ulum Kawal sebagai tempat lokasi penelitian. Teknik sampling yang digunakan adalah dengan purposive sampling yaitu berjumlah 3 (tiga) orang sampel diantaranya Kepala Sekolah, Guru Kelas dan Siswa Kelas VIII A, Instrument dalam penelitian adalah melalui lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan model Miles dan Huberman yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menggambarkan bahwa dampak dari proses pembelajaran secara daring pasca pandemi menunjukkan nilai yang lebih baik, namun perlu adanya strategi dan inovasi. Seperti dalam penerapan media pembelajaran dengan media serbaneka dan media visual. Sedangkan untuk sistem dan metode pembelajaran ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang perlu menjadi pertimbangan dan perbaikan, Serta hasil pembelajaran secata teori dan praktik menunjukan kearah yang positif.

Article Details

How to Cite
Aqmal, R., Komarudin, Y., & Kamaruzaman. (2023). Dampak Sosial Proses Pembelajaran Daring Pasca Pandemi Covid-19 di MTS Miftahul Ulum Kawal. TANJAK : Journal of Education and Teaching, 4(2), 94–104. https://doi.org/10.35961/tanjak.v4i2.803
Section
Articles

References

Adi, Ni Nyoman Serma, Dewa Nyoman Oka, and Ni Made Serma Wati. 2021. “Dampak Positif Dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran 5(1):43–48.

Anshori, Sodiq. 2018. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran.” Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya 2(1).

Aqmal, Romi. 2020. “Pendidikan Keluarga Dan Partisipasi Masyarakat Pada Program Keluarga Berencana Di Masa Pandemi Covid-19 Desa Kerandin Kecamatan Lingga Timur Kabupaten Lingga.” TANJAK: Journal of Education and Teaching 1(2):225–34.

Bilfaqih, Yusuf, and M. Nur Qomarudin. 2015. Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Deepublish.

Daryanto, Drs. 2013. “Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran.” Gava Media.

Indriyani, Lemi. 2019. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa.” Pp. 17–26 in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Vol. 2.

Isman, Mhd. 2016. “Pembelajaran Media Dalam Jaringan.” in The Progressive and Fun Education Seminar. Vol. 586.

Kuntarto, E. 2017. “Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 99–110.” 3(1).

Mutia dan Leonard, Intan. 2013. Kajian Penerapan E-Learning Dalam Proses Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Faktor Exacta 6(4).

Okviriyani, Niken, and Amat Komari. 2018. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Dalam Penerapan Pembelajaran Penjas Aktivitas Luar Kelas Di Sd Negeri Bhaktikarya Depok Sleman The Factors That Influence The Successfulness In The Implementation Of Learning Physical Education Activities Outside The Classrooms At State Elementary School Of Bhakti Karya Depok Sleman.” PGSD Penjaskes 7(9).

Profil Sekolah. 2021. “Data Profil Sekolah MTs Miftahul Ulum Kawal.”

Sadiman, Arif. S, dkk. 2010. n.d. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Soekanto, Soerjono. 2006. “Sosiologi Suatu Pengantar, PT.” Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sudjana, Nana. 2011. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya. Sugiyono. 2011. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tampubolon, Rina Anggita, Woro Sumarni, and Udi Utomo. 2021. “Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(5):3125–33.

Wahidmurni, dkk. 2010. Perubahan-Perubahan Tersebut Yang Harus Dimiliki Yaitu Kemampuan Berpikir, Keterampilan, Dan Sikap Terhadap Suatu Objek.

Zainudin, Agus. 2020. “E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Informasi, Teknologi Dan Komunikasi Guna Mencegah Penyebaran COVID-19.” JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School 1(1):17–25.