HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
Main Article Content
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah masih belum baiknya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan masih rendahnya motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dalam proses belajar hanya beberapa orang siswa saja yang aktif dan tekun mengikuti pelajaran dan banyak siswa yang melakukan aktifitas lain, selanjutnya siswa cendrung mengandalkan tugas dari teman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keterampilan mengajar terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dan siswi kelas X dan XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sungai Pua kabupaten Agam sebanyak 217 orang. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 55 orang. Teknik analisis data menggunakan kolerasi product moment. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan kolerasi produc moment diperoleh nilai rhiting 0,508 lebih besar dari nilai rtabel 0,266, hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa dan berkontribusi sebesar 25,80 %.