Peningkatan Literasi Bahasa Arab Madrasah Diniyah Roudhotul Jannah di Dusun Sumbersari Menggunakan Metode Pembelajaran Komunikatif

Authors

  • Ardenansa Bermillo Pashadewa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Ali Husin
  • Naily Fitrotun Nisa
  • Siti Farhatus Saidah
  • Salma Nasywa Mufayidah
  • Ahsin Dinal Mustafa

DOI:

https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v5i1.1299

Keywords:

Komunikatif, Bahasa Arab; PAR; Literasi, PAR, Literasi

Abstract

Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) 246 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Tahun 2023-2024 mengadakan kegiatan pengabdian yang bekerjasama dengan Madrasah Diniyah Roudhotul Jannah berupa mengajar. Pengabdian terhadap objek pengabdian dilakukan dengan menggunakan metode Participatory Action Research (PAR). Pada Madrasah Diniyah Roudlotul Jannah memiliki sekitar 66 siswa dan terdapat tiga kelas yaitu kelas Awaliyah, Juz Amma, dan Al-Qur'an dengan tiga orang pengajar. Jumlah tenaga pengajar yang sedikit dan banyaknya siswa di Madrasah Diniyah Roudhotul Jannah menjadi salah satu hambatan dalam kegiatan belajar mengajar yakni kekurangan SDM dan bahan ajar. Oleh karena itu KKM 246 memberikan pembelajaran peningkatan literasi Bahasa Arab melalui metode berhafal sambil bernyanyi untuk meningkatkan kosakata yang dimiliki. Berdasarkan kegiatan pembelajaran terdapat peningkatan setiap minggunya oleh siswa terkait dengan kosakata yang diajari. Hal ini menunjukkan metode pembelajaran komunikatif dengan dikemas berbagai cara yang menarik mampu meningkatkan literasi bahasa arab pada siswa Madrasah Diniyah Roudhotul Jannah di Dusun Sumbersari.

References

Adi, F. K., Vitriani, T., & Daqok, M. (2021). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab Di Tpq Wonogiri. Al Basirah Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1, 127–136. https://doi.org/10.58326/jab.v1i2.22

Afandi, A., & Dkk. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (Suwendi, A. Basir, & J. Wahyudi, Eds.). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI.

Ajeng Prasasti, K., Wahdah, N., & Mustika Ilmiani, A. (2023). Gaungkan Bahasa Arab Melalui Program Pengabdian Internasional Di Mabiq Pahang Kuantan Malaysia. In Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 6, Issue 2). https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i2.15063

Apriyanti, P. 2017. “Efektivitas Pemberdayaan Ekonomi Pesantren Dalam Perspektif Ekonomi Islam.” UIN Raden Intan Lampung

Databoks. (2023). 10 Negara Dengan Populasi Muslim Terbanyak Dunia 2023, Indonesia Memimpin! Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2023/10/19/10-Negara-Dengan-Populasi-Muslim-Terbanyak-Dunia-2023-Indonesia-Memimpin. Diakses pada 01 Februari 2024.

Firdaus, F. (2021). Efektivitas pendidikan dan perberdayaan ekonomi di Pesantren Ibnu Kasim Nahdlatul Wathan Bintan. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 2(2), 95–102.

Hanafiah, Y. (2020). Madrasah Diniyah: Antara Realitas, Political Will, dan Political Action. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 35–61.

Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep, Teori, Dan Aplikasinya (C. Wijaya & Amiruddin, Eds.). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Kemenag. (2013). Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 000912 Tahun 2013. Diakses pada 03 Februari 2024.

Kemenag.Go.Id. (2020). Pentingnya Kemampuan Bahasa Arab Untuk Belajar Agama Islam. Https://Pendis.Kemenag.Go.Id/Read/Pentingnya-Kemampuan-Bahasa-Arab-Untuk-Belajar-Agama-Islam. Diakses pada 02 Februari 2024.

Mac Millan, B. (2004). Permainan Kata Dan Musik (Word And Music Game). Kharisma Publishing Group.

Mursida. (2017). Pelaksanaan Pengajaran Bidang Studi Bahasa Arab. Suara Guru?: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(4).

Nurhuda, Z., Fatinova, D., Wildan, M., Indonesia, S., Sastra, F., Pamulang, U., & Selatan, T. (2020). Metode Pengajaran Komunikatif Sebagai Strategi Pembelajaran Bahasa Bagi Siswa Usia Dini. In Journal Of Community Services In Humanities And Social Sciences (Vol. 2, Issue 1).

Salsabila, M. (2023). Penerapan Arab Pegon Pada Kemampuan Literasi Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula Islamiyah Desa Bojongsana Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal. Uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

Suhaili, A. (2023). Pkm Pelatihan Dan Pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an Di Tpq Krajan Desa Mlandingan Kulon, Kabupaten Situbondo. Guyub Journal Of Community Engagement, 4(1). https://doi.org/10.33650/guyub.v4i1.5865

Ulwan, A. N. (2019). Pendidikan Anak Dalam Islam (Edisi Xi). Insan Kamil.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Ardenansa Bermillo Pashadewa, Husin, A., Fitrotun Nisa, N., Farhatus Saidah, S., Nasywa Mufayidah, S., & Dinal Mustafa, A. (2025). Peningkatan Literasi Bahasa Arab Madrasah Diniyah Roudhotul Jannah di Dusun Sumbersari Menggunakan Metode Pembelajaran Komunikatif . Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau (JPPM Kepri), 5(1), 32–43. https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v5i1.1299