Pengembangan Usaha Rumah Tangga Pengolahan Herbal Tradisional Melalui Sosialisasi Dan Pendampingan Rumusan Strategi Di Geranting - Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v5i1.2138Keywords:
Sosialisasi, Pendampingan, rumusan-strategi, herbalAbstract
Dari hasil suatu penelitian tentang strategi pengembangan usaha rumah tangga pengolahan herbal tradisional di Geranting telah menghasilkan rumusan strategi pengembangan usaha. Tujuan dari sosialisasi dan pendampingan rumusan strategi pengembangan usaha rumah tangga pengolahan herbal tradisional yaitu pelaku usaha memahami, dan mampu mempraktekkan strategi-strategi tersebut ke dalam aktifitas usahanya. Metode yang digunakan yaitu metode ABCD (Asset Based Community Development). Pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan pendampingan rumusan strategi pengembangan usaha tersebut adalah sebagai mulai dari pendaftaran peserta, pembukaan, sosialisasi dan pendampingan. Sesi pelaksanaan sosialisasi disampaikan oleh ketua tim pengabdian sekaligus merangkap narasumber yang telah berhasil merumuskan strategi pengembangan usaha herbal melalui penelitian terdahulunya di pulau Geranting tersebut. Setiap peserta yang merupakan pelaku usaha herbal diberikan buku Rumusan Strategi Pengembangan Usaha Herbal Tradisional Geranting – Kota Batam (gambar terlampir). Dalam proses pendampingan yang paling banyak diminta pendampingannya adalah dalam pengurusan izin usaha seperti NIB dan Sertifikat Halal. Pada akhirnya sosialisasi dan pendampingan terlaksana dengan baik.
References
Abdillah, A. (2020). Strategi Pengembangan Peluang Pasar Tanaman Herbal Di Kabupaten Pasuruan. Optima, 3(2), 8. https://doi.org/10.33366/optima.v3i2.1753
Arrafi, M. J., Zakiyah, & Purnomo, A. (2020). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Jamu Tradisional Melalui Segmentasi Pasar Online Berdasarkan Prinsip Ekonomi Syariah. Repository Universitas Islam Kalimantan, 1–12.
Cahya Ayu Pratami, N. W., Muryatini, N. N., Linda Santiari, N. P., Surya Rahayuda, I. G., & Sunda, I. N. (2020). PKM Pengembangan Usaha IRT Jamu Tradisional di Desa Tibubiu Tabanan. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(1), 18–25. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i1.217
Kamaruzaman. (2023a). Analisis Faktor-Faktor Lingkungan Internal Dan Eksternal Dalam Pemetaan Posisi Pengembangan Usaha Herbal Tradisional Di Hinterland Kota Batam. Archipelago, xx(x), 1–15.
Kamaruzaman. (2023b). Analisis Faktor-Faktor Lingkungan Internal Dan Eksternal Dalam Pemetaan Posisi Usaha Herbal Tradisional.
Kamaruzaman, Amali, I., Heniawati, T., Anggraini, S., Indriani, I., Asyikin, N., Safar, M., Apriyanti, F. L., Hartono, H., Juliana, J., Safari, R., & Zulfikri, A. K. (2022). Pendampingan Masyarakat Dalam Upaya Pengembangan Sektor Produktif Melalui Kuliah Kerja Nyata Di Desa Pengujan Kabupaten Bintan. JPPM Kepri: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau, 2(1), 55–67. https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v2i1.369
Kamaruzaman, & Andaristi, L. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Rumah Tangga Pengolahan Herbal Tradisional Di Geranting - Kota Batam.
Kassa, S., Fitria, D., Damayanty, P., Setiawan, I., Mayasari, M., & Djunaidy, D. (2022). Sosialisasi Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana Di Desa Kutasirna Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. Jurnal Pengabdian Teratai, 3(1), 16–29. https://doi.org/10.55122/teratai.v3i1.346
Kurniawan, D. A., Ari A, F. S., Rusli, L., A, R. Y., & Ika K, A. (2020). Pelatihan Analisis SWOT Dan BMC Pada Asosiasi UMKM Ponorogo. Cendekia?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 67. https://doi.org/10.32503/cendekia.v2i1.1001
Mashuri, M., & Nurjannah, D. (2020). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 97–112. https://doi.org/10.46367/jps.v1i1.205
Meilisa, R., Ainurrahmah, L., Arif, M., & Kholilullah, K. (2022). Sosialisasi Upaya Pengenalan dan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Desa Sukajaya. Batara Wisnu?: Indonesian Journal of Community Services, 2(3), 395–402. https://doi.org/10.53363/bw.v2i3.115
Pardiansyah, E., Abduh, M., & Najmudin. (2022). Sosialisasi dan Pendampingan Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) Dengan Skema Self-Declare Bagi Pelaku Usaha Mikro di Desa Domas. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat Indonesia, 1(2), 101–110. https://doi.org/10.56303/jppmi.v1i2.39
Prasojo, L. D. (2019). Manajemen Strategi. UNY Press, Yogyakarta. https://doi.org/10.31227/osf.io/xu37y
Salim, Z., & Munadi, E. (2017). Info Komoditi Tanaman Obat. Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. https://doi.org/10.7748/ldp.5.4.28.s16
Siregar, G., Salman, & Wati, L. (2014). Strategi Pengembangan Usaha Tahu Rumah Tangga. Agrium ISSN 0852-1077 (P) ISSN 2442-7306 (O), 19(1).
Zakaria, S., Wurlina, Basori, A., Hasanatuludhiyah, N., & Meles, D. K. (2017). Usaha Produksi Jamu Terstandar Di Pedesaan ( Village Jamoe Centre ) Secara Agroindustri Melalui Teknologi 6 M Simplisia Menuju Masyarakat Sehat Cerdas Jamu Hospital Production Business in Rural Agro Industry Through Technology 6 M Simplisia Toward Intelle. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 01, 35–39.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kamaruzaman Kamaruzaman, Sudanto, Husni Mubaraq

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						 
							
 


