Pola Asuh Orang Tua terhadap Pendidikan Anak
Main Article Content
Abstract
Pola asuh orang tua merupakan interaksi pertama yang memberikan edukasi bagi anak-anak mereka dalam lingkungan keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap lebih dalam mengenai pola asuh orang tua terhadap karir pendidikan anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah fenomenologi dengan pendekatan kualitatif, dengan responden tiga keluarga sebagai data inti, dan beberapa keluarga sebagai responden pendukung. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pola asuh permisif dan otoritatif yang diterapkan pada anak memiliki dampak terhadap karir pendidikan anak. Faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua adalah adalah tingkat ekonomi, latar belakang pendidikan, dan perkembangan sosial media.
Article Details
References
Bathmaker, A. M. (2021). Constructing a graduate career future: Working with Bourdieu to understand transitions from university to employment for students from working?class backgrounds in England. European Journal of Education, 56(1), 78-92.
Baumrind, D. (1991). The influence of parenting style on adolescent competence and substance use. The journal of early adolescence, 11(1), 56-95.
Corbin, L. (2021). Factors Predicting Counselor Education and Supervision Doctoral Student Career Choices.
Kamaruzaman, K., Sudanto, S., Bidari, D. A., Febriana, M., & Nufikha, N. (2021). Pengaruh Keadaan Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Baitul Muttaqin Toapaya Utara Di Era New Normal. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 2(1), 87-94.
Levy, I. P., & Lemberger-Truelove, M. E. (2021). Educator–counselor: A nondual identity for school counselors. Professional School Counseling, 24(1_part_3), 2156759X211007630.
Mahdzar, M., Omar, M. K., Jaapar, A., Wan, W. Z., & Zaini, M. (2021). Factors Influencing Orang Asli Students’ Intention to Study at A Higher Educational Institution in Malaysia. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 10, 233-244.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. 3rd.
Nadhifah, I., Kanzunnudin, M., & Khamdun, K. (2021). Analisis Peran Pola Asuh Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Anak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 91-96.
Oigara, J. N., & Lyimo, G. E. (2021). Applications of the Indigenous and Modern Career Counselling in Education. In Research Anthology on Navigating School Counseling in the 21st Century (pp. 399-415). IGI Global.
San Pedro, T. (2021). Protecting the promise: Indigenous education between mothers and their children. Teachers College Press.
Septiani, F. D., Fatuhurrahman, I., & Pratiwi, I. A. (2021). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1104-1111.
Tengö, M., Austin, B. J., Danielsen, F., & Fernández-Llamazares, Á. (2021). Creating synergies between citizen science and Indigenous and local knowledge. BioScience, 71(5), 503-518.
Widara, W., Ismail, M., & Rispawati, R. (2019). Pola Asuh Demokratis Orang Tua Berstatus Menak Dalam Keberhasilan Pendidikan Anak (Studi Deskriptif Di Dusun Sintung Timur Desa Sintung). Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 6(2).
Warren, J. M., & Locklear, L. A. (2021). The role of parental involvement, including parenting beliefs and styles, in the academic success of American Indian students. Professional School Counseling, 25(1), 2156759X20985837.
Xu, H. (2021). Childhood environmental adversity and career decision-making difficulty: A life history theory perspective. Journal of Career Assessment, 29(2), 221-238.
Zhang, J., Zhang, Y., & Xu, F. (2020). Urban-rural differences in parenting style in China: A protocol for systematic review and meta analysis. Medicine, 99(23).