PEMBERANTASAN BUTA HURUF ARAB (AL-QURAN) DENGAN METODE TARSANA PADA PELAJAR SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN CIGUDEG

Main Article Content

Irman Sumantri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kondisi implementasi metode tarsana dalam pemberantasan buta huruf arab (al-Qur’an) pada siswa sekolah dasar di kecamatan Cigudeg kabupaten Bogor. Metode penelitian deskriftif kuantitatif dengan instrument data observasi dan kuesionaer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) guru belum mengimplementasikan metode tarsana pada siswanya secara rutin, sehingga menyebabkan banyak siswanya yang kurang mahir dalam memabaca dan menulis al-Qur’an; 2) ada beberapa hambatan yang dihadapi guru dalam pelaksanaan metode tarsana baik secara internal maupun secara eksternal. Penelitian ini merekomendasikan kepada peneliti selanjutnya untuk mendesain pembelajaran baca tulis al-Qur’an yang baru, bervariasi dan dapat menumbuhkan minat serta motivasi anak dalam belajar untuk ketercapaiannya visi misi kabupaten Bogor.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sumantri, Irman. “PEMBERANTASAN BUTA HURUF ARAB (AL-QURAN) DENGAN METODE TARSANA PADA PELAJAR SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN CIGUDEG”. PERADA 3, no. 2 (December 28, 2020): 177. Accessed June 14, 2025. https://ejournal.stainkepri.ac.id/index.php/perada/article/view/206.
Section
Articles

References

Ainatu Masrurin. (2019). Resepsi Alquran Dalam Tradisi Pesantren Di Indonesia (Studi Kajian Nagham Alquran Di Pondok Pesantren Tarbitayul Quran Ngadiluweh Kediri). Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an Dan Tafsir, 3(2), 101–118. https://doi.org/10.15575/al-bayan.v3i2.3202

Al-Imam Abu Zakaria Yahya bin Syaraf an-Nawawi. (1999). Riyadhus Sholihin (A. Sunarto (ed.)). Pustaka Amani.

Aminullah, M. (2017). Nagham Al-Qur ’ an Dalam Masyarakat Bima. Annual Conference for Muslim Scholars Kopertais Wilayah IV Surabaya, 110, 535–542. %0Aproceedings ancoms 2017 nagham al-qur’an dalam ...proceedings.kopertais4.or.id

Arsyadani, Q. (2016). Qiraah Alquran Dengan Nagham Ajam - Lagam Jawa; Kasus Isra’ Mi’raj di Istana Negara, Jum’at, 15 Mei 2015. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 3(1), 93–108. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v3i1.3320

Atep, S., Rahendra, M., & Unang, W. (n.d.). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Alquran Desa Sukajaya Kabupaten Bogor. 1, 225–235.

Busro, B. (2020). Ekses Ketidaktuntasan Pembelajaran Baca Tulis Alquran terhadap Peningkatan Kuantitas Buta Huruf Arab di Kalangan Pelajar SMA / SMK Umum di Kota Bandung. 4, 259–274. https://doi.org/10.29240/alquds.v4i2.1770

Kurnia, K. (2020). Gawat, 53,57 Persen Muslim Indonesia Belum Bisa Baca Alquran. Galamedia News. https://galamedia.pikiran-rakyat.com/news/pr-35554401/gawat-53- 57-persen-muslim-indonesia-belum-bisa-baca-alquran

Mustaqim, S. (2005). Bimbingan Belajar Membaca Al-Qur’an TARSANA. CV. Mahardhika.

Novita Intan. (2018). 65 Persen Masyarakat Indonesia Buta Huruf Alquran. Republika News. https://republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/18/01/17/p2oodi396-65-persen-masyarakat-indonesia-buta-huruf-alquran

Ramayulis. (2004). Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia.

Ratna Puspita. (20119). Disdik Bogor Rencanakan Program Baca Tulis Alquran. https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/wakaf/pn2hsp423/nasional/jabodetabek-nasional/19/02/10/pmpsza428-disdik-bogor-rencanakan-program-baca-tulis-alquran

Sadiah, Maya, R., & Wahidin, U. (2018). Implementasi Model Pembelajaran dalam Pemberantasan Buta Huruf AlQuran di Majelis Taklim Nurul Hikmah Kampung Situ Uncal Desa Purwasari Kecamatan Dramaga Kabupaten Madiun. Prosa PAI (Prosiding Al Hidayah: Pendidikan Agama Islam), 1–18.

Syafril, S., & Yaumas, N. E. (2012). Penggunaan Metode Tartil dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca al- Qur’an Mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung Indonesia. Jurnal Pendidikan. Artikel Seminar International. Johor. 2012