TITIK NOL ISLAM DI NUSANTARA: JEJAK SEJARAH ISLAM DI KOTA BARUS, TAPANULI TENGAH

Main Article Content

Khairun Nisa
Ismail Pane

Abstract

Barus merupakan  sebuah daerah yang terletak di Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara. Barus sudah diresmikan  Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. Joko Widodo sebagai tempat penyebaran islam pertama kali di Indonesia. Presiden RI juga menandatangani peresmian Tugu Titik Nol Islam Nusantara di Barus. Penetapan tersebut didasarkan atas kajian para peneliti, permintaan masyarakat, dan berbagai literature sejarah yang mengisyaratkan barus merupakan lokasi awal kali islam turun di Indonesia. Hal ini juga dapat dilihat dengan adannya peningalan-peninggalan Islam yang ada di Barus. Salah satunnya peninggalan situs makam Mahligai dan situs makam Papan Tinggi yang menyebarkan isalm diperkirakan pada abad ke-5 M. Namun dalam menetapkan Barus sebagai lokasi awal islam di nusantara menimbulkan perdebatan  dari sejarawan dan masyarakat tertentu. Selama ini masyarakat menilai bahwa Aceh adalah lokasi islam pertama kali di Indonesia. Perdebatan mengenai  masuknya Islam ini menjadikan penulis untuk perlu menggali lebih dalam mengenai  jejak sejarah islam di kota Barus.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nisa, Khairun, and Ismail Pane. “TITIK NOL ISLAM DI NUSANTARA: JEJAK SEJARAH ISLAM DI KOTA BARUS, TAPANULI TENGAH”. PERADA 5, no. 2 (December 28, 2022). Accessed May 16, 2025. https://ejournal.stainkepri.ac.id/index.php/perada/article/view/675.
Section
Articles

References

Al-Fairusy, M. (2020). Pengaruh Identitas Pesisir Bagi Masyarakat Singkil Dan Barus. Indonesian Journal of Islamic History and Culture, 1(1), 32–50. https://doi.org/10.22373/ijihc.v1i1.584

Assingkily, M. S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Panduan Menulis Artikel Ilmiah dan Tugas Akhir) (T. Siregar (ed.)). K-Media.

Azmi, K. (2018). Aceh Versus Barus Rekontruksi Penetapan Titik Nol Islam Nusantara. Jurnal Kalam, 6(2), 2338–2341.

Erawadi, & Butar-Butar, A. (2019). Islam Historical Blue Print in Barus. UCYP International Student Colloquium; Adaptive Strategies for Sustainable Education, 33–39.

Hakim, U. F. R. (2019). Barus sebagai Titik Nol Islam Nusantara : JURNAL ILMIAH SYIAR, 19(02), 168–181.

Harahap, I., Azwar, M. H., Hutabarat, R. A., Ainun, & Mahendra, Y. (2022). Rekonstruksi Nilai-nilai Pendidikan dan Peradaban Islam di Titik Nol Barus Indra. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 2363–2369.

Hutauruk, A. F., Ginting, A. M., & Nasution, A. A. B. (2021). Penggunaan Modul “Barus Bandar Kuno di Pantai Barat Sumatera” pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas X SMA Erlangga Pematangsiantar. … : Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu …, 5, 343–350. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/download/4871/3534

Khatibah, Irwansyah, & Ritonga, H. J. (2021). Pola Komunikasi Masyarakat Dalam Menumbuhkan Kerukunan Di Barus ( Studi Terhadap Penganut Islam , Kristen, Dan Parmalim). Journal of Communication Studies, 6(1), 86–98.

Muchsin, M. A. (2017). Barus Dalam Sejarah : Kawasan Percaturan Politik, Agama dan Ekonomi Dunia Misri. ADABIYA, 1, 1–12.

Muchsin, M. A. (2019). Kesultanan Peureulak Dan Diskursus Titik Nol Peradaban Islam Nusantara. Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies, 2(2), 218. https://doi.org/10.30821/jcims.v2i2.3154

Nasution, F. (2020). Kedatangan dan Perkembangan Islam ke Indonesia. Mawa’Izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 11(1), 26–46. https://doi.org/10.32923/maw.v11i1.995

Nurfaizal. (2018). BARUS DAN KAMPER DALAM SEJARAH AWAL ISLAM NUSANTARA. NUSANTARA: Journal for Southeast Asian Islamic Studies, 14(2).

Pinem, M. (2018). Inskripsi Islam pada Makam-Makam Kuno Barus 1 Islamic Inscriptions on the Ancient Tombs of Barus Masmedia Pinem Sumatera untuk mencari kedua damar tersebut . 2 Kemudian Barus. Jurnal Lektur Keagamaan, 16(81), 17–19. https://doi.org/10.31291/jlk.v16i1.484

Sahril, S. (2020). Bahasa Melayu: Antara Barus Dan Malaka. Sirok Bastra, 8(2), 196–210. https://doi.org/10.37671/sb.v8i2.206

Saleh, B. (2020). Barus Sebagai Titik Nol Peradaban Islam di Nusantara: Kajian Akidah dan Implikasinya Terhadap Perkembangan Keberagamaan Masyarakat Islam di Barus (A. Nur (ed.)). Perdana Publishing.

Sempo, M. W., Fauzi, N., Mohd @ Amat, R. A., & Mohd Ghazali, N. (2019). Kearifan Tempatan Mengenai Kapur Barus (Cinnamomum Camphora) Menurut Perspektif Islam dan Budaya Masyarakat Melayu Abad ke 19m. ‘Abqari Journal, 19, 76–90. https://doi.org/10.33102/abqari.vol19.6

Silitonga, S. S. M., & Anom, I. P. (2016). Kota Tua Barus Sebagai Daerah Tujuan Wisata Sejarah Di Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Destinasi Pariwisata, 4(2), 7. https://doi.org/10.24843/despar.2016.v04.i02.p02

Sinaga, U. L. (2022). Analisis Kebijakan Ekonomi Pariwisata Sejarah Di Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah (Studi Kasus Titik Nol Peradaban Islam). Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Sumanti, S.T, & N. (2019). Makam Kuno Dan Sejarah Islam Di Kota Medan. Ataop Buku.

Tanjung, P. S. (2018). Dampak Penetapan Status Titik Nol Peradaban Islam Terhadap Kunjungan Ulang Wisatawan Di Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Zahra, F. (2018). Jejak Sejarah Pergeseran Identitas Agamis Menjadi Pub-Kultur Di Pati. AL- A’RAF: Jurnal Pemikiran Islam Dan Filsafat, XV(1).