Kultivasi Nilai-nilai Islam Wasathiyah melalui Pendekatan Pedagogis Integratif di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Pringsewu

Main Article Content

Khoirul Umam
Muh. Wasith Achadi
Muhammad Asy’ari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendekatan pedagogis integratif dalam kultivasi nilai-nilai Islam wasathiyah di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Pringsewu. Dengan menggunakan metode kualitatif melalui studi kasus, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai seperti tawassuth, tawazun, i'tidal, tasamuh, dan syura diintegrasikan ke dalam kurikulum dan praktik pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pedagogis integratif yang meliputi integrasi kurikulum, pembelajaran aktif, experiential learning, dan pemanfaatan teknologi, efektif dalam meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai wasathiyah oleh santri. Efektivitas ini terlihat dari peningkatan pemahaman konseptual, pengembangan kemampuan analitis, perubahan sikap dan perilaku, serta penguatan identitas keislaman yang moderat. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan dalam implementasi dan area potensial untuk pengembangan lebih lanjut. Temuan ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan model pendidikan Islam yang moderat dan kontekstual di era global.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Umam, Khoirul, Muh. Wasith Achadi, and Muhammad Asy’ari. “Kultivasi Nilai-Nilai Islam Wasathiyah Melalui Pendekatan Pedagogis Integratif Di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Pringsewu”. PERADA 7, no. 2 (December 14, 2024). Accessed January 21, 2025. https://ejournal.stainkepri.ac.id/index.php/perada/article/view/1631.
Section
Articles

References

Ahmad Muzakki. “Menggali Nilai-Nilai Islam Wasathiyah Dalam Kitab-Kitab Pesantren Sebagai Modalitas Mewujudkan Perdamaian Dunia.” HUMANISTIKA?: Jurnal Keislaman 8, no. 2 (2022). https://doi.org/10.55210/humanistika.v8i2.833.

Habibah, Ilun Lailatul, and Sutomo. “Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Islam Wasathiyah Dalam Membentuk Masyarakat Religius Di Sekitar Pondok Pesantren (PPAI Ketapang Kepanjen Malang).” Proceeding International Seminar On Islamic Education and Peace 1, no. 1 (2021).

Hasanah, Nur Zaytun, Shafira Dhaisani Sutra, Sutta Wira Admojo, and M Nurul Ikhsan Saleh. “Madrasah Diniah as Media Teaching and Learning Islamic Moderation Values at Qur’an Learning Centers.” Edukasi: Jurnal Pendidikan 20, no. 2 (2022). https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i2.4046.

Iffan, Ahmad, Muhammad Ridho Nur, and Asrizal Saiin. “KONSEPTUALISASI MODERASI BERAGAMA SEBAGAI LANGKAH PREVENTIF TERHADAP PENANGANAN RADIKALISME DI INDONESIA.” PERADA 3, no. 2 (2020): 187. https://doi.org/10.35961/perada.v3i2.220.

Ijah Bahijah, Sitti Nur Suraya Ishak, Nuniek Rahmatika, and Aghniawati Ahmad. “WASATHIYAH ISLAM DI ERA DISRUPSI DIGITAL (Pendidikan Nilai-Nilai Wasathiyah Islam Dalam Bersosial Media Di Kalangan Generasi Milenial Dan Generasi Z).” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 1 (2022).

Inayatillah. “The History of Moderate Islam in Indonesia and Its Influence on the Content of National Education.” Journal of Al-Tamaddun 17, no. 2 (2022): 213–26. https://doi.org/10.22452/JAT.vol17no2.17.

Islamiyah, Ummi Habibatul. “Pendidikan Islam Wasathiyah Dan Upaya Pencegahan Dokrin Radikalisme Di Pondok Pesantren Darul HIkmah Islamiyah Aceh Barat.” Journal Of Educational Research, 2022.

Maskuri, Khadijatul Qodriyah, and Zakiyah Bz. “PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL BERWAWASAN WASATHIYAH: Penguatan Karakter Wasathiyah Santri Patriot Panji Pelopor.” JURNAL ISLAM NUSANTARA 4, no. 2 (2020).

Mekarisce, Arnild Augina. “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif.” JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran?: Media Komunikasi 12, no. 3 (2020).

Milles, Mathew B, Michael A Huberman, and Johnny Saldana. Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook Edition 3 (Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi). Sage Publications, Inc, 2014.

Moelong, Lexy. j. Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. Rake Sarasin, 2010.

Muhyiddin, Ahmad Shofi. “Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Majelis Taklim Di Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang.” Community Development: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam 6, no. 1 (2022). https://doi.org/10.21043/cdjpmi.v6i1.15123.

Razali Ibrahim, Muhammad Syahrial. “MODERATE ISLAM REVISITS: A Lesson from T.M. Hasbi Ash-Shiddieqy’s Interpretation of Wasathiyah in Tafsir An-Nuur.” Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies 6, no. 1 (2022). https://doi.org/10.30821/jcims.v6i1.9058.

Razinah, Nor, and Mohd Zain. “JUSTLY BALANCED (WASATIYYAH): A CURE FOR LAXITY OR EXTREMISM IN APPRECIATION OF LEGAL RULES IN ISLAM,” 2016. https://www.researchgate.net/publication/299619198.

Sari, Elfi, Hendri Saputra, and Nurul Umam. “Integrasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di Pondok Pesantren Nurussalamdesa Mentayan Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Keislaman 3, no. 2 (2023).

Wardatul Ilmiah, Nanah Sujanah. Islam Wasathiyah Dalam Bingkai Kemajemukan Indonesia. Civil Education. Vol. 6, 2020.

Wulandari, W. “Implementation of Islamic Education and Wasathiyah Da’wah for Millennial Generation with Al-Qur’an Perspective in Facing Society 5.0.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 19, no. 1 (2022): 129–40. https://doi.org/10.14421/jpai.2022.191-10.

Zamimah, Iffaty. “Al Wasathiyah Dalam Al Qur’an (Studi Tafsir Al Maraghi, Al Munir Dan Al Mishbah).” Tesis, 2015, 1–157.