Kultivasi Nilai-nilai Islam Wasathiyah melalui Pendekatan Pedagogis Integratif di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Pringsewu
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendekatan pedagogis integratif dalam kultivasi nilai-nilai Islam wasathiyah di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Pringsewu. Dengan menggunakan metode kualitatif melalui studi kasus, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai seperti tawassuth, tawazun, i'tidal, tasamuh, dan syura diintegrasikan ke dalam kurikulum dan praktik pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pedagogis integratif yang meliputi integrasi kurikulum, pembelajaran aktif, experiential learning, dan pemanfaatan teknologi, efektif dalam meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai wasathiyah oleh santri. Efektivitas ini terlihat dari peningkatan pemahaman konseptual, pengembangan kemampuan analitis, perubahan sikap dan perilaku, serta penguatan identitas keislaman yang moderat. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan dalam implementasi dan area potensial untuk pengembangan lebih lanjut. Temuan ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan model pendidikan Islam yang moderat dan kontekstual di era global.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan (misalnya, mengirimnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
----------------------------------------
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
Ahmad Muzakki. “Menggali Nilai-Nilai Islam Wasathiyah Dalam Kitab-Kitab Pesantren Sebagai Modalitas Mewujudkan Perdamaian Dunia.” HUMANISTIKA?: Jurnal Keislaman 8, no. 2 (2022). https://doi.org/10.55210/humanistika.v8i2.833.
Habibah, Ilun Lailatul, and Sutomo. “Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Islam Wasathiyah Dalam Membentuk Masyarakat Religius Di Sekitar Pondok Pesantren (PPAI Ketapang Kepanjen Malang).” Proceeding International Seminar On Islamic Education and Peace 1, no. 1 (2021).
Hasanah, Nur Zaytun, Shafira Dhaisani Sutra, Sutta Wira Admojo, and M Nurul Ikhsan Saleh. “Madrasah Diniah as Media Teaching and Learning Islamic Moderation Values at Qur’an Learning Centers.” Edukasi: Jurnal Pendidikan 20, no. 2 (2022). https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i2.4046.
Iffan, Ahmad, Muhammad Ridho Nur, and Asrizal Saiin. “KONSEPTUALISASI MODERASI BERAGAMA SEBAGAI LANGKAH PREVENTIF TERHADAP PENANGANAN RADIKALISME DI INDONESIA.” PERADA 3, no. 2 (2020): 187. https://doi.org/10.35961/perada.v3i2.220.
Ijah Bahijah, Sitti Nur Suraya Ishak, Nuniek Rahmatika, and Aghniawati Ahmad. “WASATHIYAH ISLAM DI ERA DISRUPSI DIGITAL (Pendidikan Nilai-Nilai Wasathiyah Islam Dalam Bersosial Media Di Kalangan Generasi Milenial Dan Generasi Z).” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 1 (2022).
Inayatillah. “The History of Moderate Islam in Indonesia and Its Influence on the Content of National Education.” Journal of Al-Tamaddun 17, no. 2 (2022): 213–26. https://doi.org/10.22452/JAT.vol17no2.17.
Islamiyah, Ummi Habibatul. “Pendidikan Islam Wasathiyah Dan Upaya Pencegahan Dokrin Radikalisme Di Pondok Pesantren Darul HIkmah Islamiyah Aceh Barat.” Journal Of Educational Research, 2022.
Maskuri, Khadijatul Qodriyah, and Zakiyah Bz. “PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL BERWAWASAN WASATHIYAH: Penguatan Karakter Wasathiyah Santri Patriot Panji Pelopor.” JURNAL ISLAM NUSANTARA 4, no. 2 (2020).
Mekarisce, Arnild Augina. “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif.” JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran?: Media Komunikasi 12, no. 3 (2020).
Milles, Mathew B, Michael A Huberman, and Johnny Saldana. Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook Edition 3 (Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi). Sage Publications, Inc, 2014.
Moelong, Lexy. j. Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. Rake Sarasin, 2010.
Muhyiddin, Ahmad Shofi. “Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Majelis Taklim Di Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang.” Community Development: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam 6, no. 1 (2022). https://doi.org/10.21043/cdjpmi.v6i1.15123.
Razali Ibrahim, Muhammad Syahrial. “MODERATE ISLAM REVISITS: A Lesson from T.M. Hasbi Ash-Shiddieqy’s Interpretation of Wasathiyah in Tafsir An-Nuur.” Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies 6, no. 1 (2022). https://doi.org/10.30821/jcims.v6i1.9058.
Razinah, Nor, and Mohd Zain. “JUSTLY BALANCED (WASATIYYAH): A CURE FOR LAXITY OR EXTREMISM IN APPRECIATION OF LEGAL RULES IN ISLAM,” 2016. https://www.researchgate.net/publication/299619198.
Sari, Elfi, Hendri Saputra, and Nurul Umam. “Integrasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di Pondok Pesantren Nurussalamdesa Mentayan Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Keislaman 3, no. 2 (2023).
Wardatul Ilmiah, Nanah Sujanah. Islam Wasathiyah Dalam Bingkai Kemajemukan Indonesia. Civil Education. Vol. 6, 2020.
Wulandari, W. “Implementation of Islamic Education and Wasathiyah Da’wah for Millennial Generation with Al-Qur’an Perspective in Facing Society 5.0.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 19, no. 1 (2022): 129–40. https://doi.org/10.14421/jpai.2022.191-10.
Zamimah, Iffaty. “Al Wasathiyah Dalam Al Qur’an (Studi Tafsir Al Maraghi, Al Munir Dan Al Mishbah).” Tesis, 2015, 1–157.