PENGARUH INTERNET TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DI TANJUNGPINANG

Main Article Content

Ediyansyah M.Pd.I

Abstract

Media internet membuat hubungan yang jauh menjadi dekat, cepat dan mudah. Ini memberikan banyak manfaat, beberapa dapat memberikan manfaat baik dan buruk, manfaat kebaikan jika digunakan untuk mencari informasi tentang pembelajaran dan kejahatan jika digunakan untuk pornografi, informasi tentang kekerasan, dan lainnya yang negatif termasuk bahaya psikologis karena kecanduan internet. Sumber daya manusia dalam penelitian ini adalah siswa MTS di Tanjung Pinang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media internet terhadap perkembangan psikologis siswa MTS di Tanjung Pinang. Ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala likert. Analisis menggunakan teknik analisis korelasi dan analisis regresi berganda dengan uji prasyarat, analisis korelasi momen produk dan regresi berganda. Besarnya koefisien korelasi antara variabel X dan Y adalah sama dengan 0,201> 0,1654. Kesimpulan dalam penelitian ini didasarkan pada hasil yang diperoleh bahwa ada pengaruh antara media internet terhadap perkembangan psikologis siswa MTS di Tanjung Pinang.


 


Abstract: The internet media makes a distant relationships be close, fast and easy. This provides many benefits, some can provide good and bad benefits, goodness benefits if used to find information about learning and badness if used for pornography, information about violence, and others that are negative including psychological endanger due to the internet addiction.The human resources in this research are MTS students in Tanjung Pinang. The purpose of these research was to determine the influence of internet media on the psychological development of MTS students in Tanjung Pinang. This is qualitative research. The technique of collecting data using the Likert scale questionnaire. Analysis using correlation analysis techniques and multiple regression analysis with prerequisite tests, product moment correlation analysis and multiple regression.The magnitude of the coefficient correlation between variable X and Y is equal to 0.201 >  0.1654. The conclusions in this reaserch are based on the results obtained that there is an influence between internet media on the development psychological of MTS students in Tanjung Pinang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
M.Pd.I, Ediyansyah. “PENGARUH INTERNET TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DI TANJUNGPINANG”. PERADA 2, no. 1 (June 28, 2019). Accessed December 10, 2023. https://ejournal.stainkepri.ac.id/index.php/perada/article/view/2.
Section
Articles

References

Abror, Abdurrohman, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1993.
Arikunto, Suharsimi., Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Bungin, Burhan, Metodologi penelitian Kuantitatif, Jakarta: Penerbit Kencana Prenada Media Grup, 2009.
Creswell, John W., Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches, 4th ed, California : SAGE Publications, Inc, 2014.
Dalyono, M., Psikologi Pendidikan (Komponen MKDK), Semarang: PT.Rineka Cipta, 1996.
Danang S., Analisi Regresi Dan Uji Hipotesis, Yogyakarta: Caps, 2011.
Daradjat, Zakiyah, , Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
Dimyati Mahmud M., Psikologi Pendidikan, Yogyakarta:Penerbit Andi, 2017.
Ekomadyo, Ike Junita, Prinsip Komunikasi Efektif untuk meningkatkan minat belajar anak, Bandung : Simbiosa Rekatma Medi, 2005.
Fauzi, Ahmad, Psikologi Umum, Bandung: CV Pustaka Setia, Cet.ke-2, 2004.
Hanif, Yulingga Nanda., Wasis Himawanto, Statistik Pendidikan, Yogyakarta: Penerbit Deepublish, 2017.
Indriantoro dan Supomo, Bambang., Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen, Yogyakarta: BPFE, 1999. .
J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2007.
J.R. Raco, Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakter dan Keunggulannya, Jakarta: Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2010.
Julius H. Lolombulan, Statistika Bagi Peneliti Pendidikan, Yogyakarta:Penerbit Andi, 2017.
Kadir, Statistika untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Jakarta: Penerbit Rosemata Sampurna, 2010.
Kancana, Wayan Nur, dkk, Evaluasi Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1986.
Kartono, Kartini, Psikologi Umum, Bandung: Mandar Maju, Cet. III , 1996.
Luhst, K.M., Real Estate Valuation. USA: Principles Aplication, 1997.
Mappiare, Andi, Psikologi Remaja, Surabaya: Penerbit Usaha Nasional, t.t .
Matthew B. Miles., and A., Michael Huberman, Qualitative Data Analysis, London:SAGE Publications Ltd, 1994.
Poerwadarminta, W.J.S., Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1976.
Pososoewarno, Belajar dan Faktor-Faktor Psikologi Pembelajaran, Semarang: Toha Putra, 1997.
Priyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Sidoarjo: Zifatama Publishing, 2016.
Purwanto, M. Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 1995.
Ratna Y., Dany H., Teori-Teori Dasar Psikologi Pendidikan, Jakarta: Penerbit P.T Prestasi Pustaka, 2011.
Rusydi Ananda, Muhammad Fadhli, Statistik Pendidikan Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan, Medan:CV.Widya Puspita, 2018.
Rutoto, Sabar., Pengantar Metedologi Penelitian, Kudus:FKIP Universitas Muria Kudus, 2007.
Shaleh, Abdul Rahman, dkk., Psikologi Suatu Pengantar (Dalam Perspektif Islam), Jakarta: Prenada Media, 2004.
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Soemanto, Wasty, Psikologi Pendidikan (Landasan Kerja Kepemimpinan Pendidikan), Jakarta: Rineka Cipta, 1990.
Sudarsono, Kenakalan Remaja, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta, 1990.
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan R&D, Bandung:Alfabeta, 2011.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2009.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D, Bandung:Alfabeta, 2008.
Sukamadinata, Nana Syaodih., Metode Penelitian Pendidikan, Bandung:Remaja Rosdakarya, 2007.
Sukardi, Bimbingan dan Penyuluhan, Surabaya: Usaha Nasional, 1987.
Sumanto, Statistika Terapan, Yogyakarta: Caps, 2014.
Sumarsono, Sonny, Metode Riset Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2004.
Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers, 1998.
Suyanto, Agus, Psikologi Umum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.
Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar, Jakarta: Penerbit Logos,1999.
Thoha, M. Chabib, dkk., PBM – PAI di Sekolah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 1998.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1990.
W. Gulo, Metodelogi Penelitian, Jakarta: Penerbit Pt Gramedia Widiasarana Indonesia, 2000.
Walgito, Bimo, Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: Andi Offset, 1990.
Winkel, W. S., Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta: Penerbit Gramedia, 1983
Witherington, H. C., Psikologi Pendidikan, Jakarta: Penerbit Aksara Baru, 1982.