PENGARUH INTERNET TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DI TANJUNGPINANG
Main Article Content
Abstract
Media internet membuat hubungan yang jauh menjadi dekat, cepat dan mudah. Ini memberikan banyak manfaat, beberapa dapat memberikan manfaat baik dan buruk, manfaat kebaikan jika digunakan untuk mencari informasi tentang pembelajaran dan kejahatan jika digunakan untuk pornografi, informasi tentang kekerasan, dan lainnya yang negatif termasuk bahaya psikologis karena kecanduan internet. Sumber daya manusia dalam penelitian ini adalah siswa MTS di Tanjung Pinang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media internet terhadap perkembangan psikologis siswa MTS di Tanjung Pinang. Ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala likert. Analisis menggunakan teknik analisis korelasi dan analisis regresi berganda dengan uji prasyarat, analisis korelasi momen produk dan regresi berganda. Besarnya koefisien korelasi antara variabel X dan Y adalah sama dengan 0,201> 0,1654. Kesimpulan dalam penelitian ini didasarkan pada hasil yang diperoleh bahwa ada pengaruh antara media internet terhadap perkembangan psikologis siswa MTS di Tanjung Pinang.
Abstract: The internet media makes a distant relationships be close, fast and easy. This provides many benefits, some can provide good and bad benefits, goodness benefits if used to find information about learning and badness if used for pornography, information about violence, and others that are negative including psychological endanger due to the internet addiction.The human resources in this research are MTS students in Tanjung Pinang. The purpose of these research was to determine the influence of internet media on the psychological development of MTS students in Tanjung Pinang. This is qualitative research. The technique of collecting data using the Likert scale questionnaire. Analysis using correlation analysis techniques and multiple regression analysis with prerequisite tests, product moment correlation analysis and multiple regression.The magnitude of the coefficient correlation between variable X and Y is equal to 0.201 > 0.1654. The conclusions in this reaserch are based on the results obtained that there is an influence between internet media on the development psychological of MTS students in Tanjung Pinang.
Downloads
Article Details
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan (misalnya, mengirimnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
----------------------------------------
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
Arikunto, Suharsimi., Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Bungin, Burhan, Metodologi penelitian Kuantitatif, Jakarta: Penerbit Kencana Prenada Media Grup, 2009.
Creswell, John W., Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches, 4th ed, California : SAGE Publications, Inc, 2014.
Dalyono, M., Psikologi Pendidikan (Komponen MKDK), Semarang: PT.Rineka Cipta, 1996.
Danang S., Analisi Regresi Dan Uji Hipotesis, Yogyakarta: Caps, 2011.
Daradjat, Zakiyah, , Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
Dimyati Mahmud M., Psikologi Pendidikan, Yogyakarta:Penerbit Andi, 2017.
Ekomadyo, Ike Junita, Prinsip Komunikasi Efektif untuk meningkatkan minat belajar anak, Bandung : Simbiosa Rekatma Medi, 2005.
Fauzi, Ahmad, Psikologi Umum, Bandung: CV Pustaka Setia, Cet.ke-2, 2004.
Hanif, Yulingga Nanda., Wasis Himawanto, Statistik Pendidikan, Yogyakarta: Penerbit Deepublish, 2017.
Indriantoro dan Supomo, Bambang., Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen, Yogyakarta: BPFE, 1999. .
J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2007.
J.R. Raco, Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakter dan Keunggulannya, Jakarta: Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2010.
Julius H. Lolombulan, Statistika Bagi Peneliti Pendidikan, Yogyakarta:Penerbit Andi, 2017.
Kadir, Statistika untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Jakarta: Penerbit Rosemata Sampurna, 2010.
Kancana, Wayan Nur, dkk, Evaluasi Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1986.
Kartono, Kartini, Psikologi Umum, Bandung: Mandar Maju, Cet. III , 1996.
Luhst, K.M., Real Estate Valuation. USA: Principles Aplication, 1997.
Mappiare, Andi, Psikologi Remaja, Surabaya: Penerbit Usaha Nasional, t.t .
Matthew B. Miles., and A., Michael Huberman, Qualitative Data Analysis, London:SAGE Publications Ltd, 1994.
Poerwadarminta, W.J.S., Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1976.
Pososoewarno, Belajar dan Faktor-Faktor Psikologi Pembelajaran, Semarang: Toha Putra, 1997.
Priyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Sidoarjo: Zifatama Publishing, 2016.
Purwanto, M. Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 1995.
Ratna Y., Dany H., Teori-Teori Dasar Psikologi Pendidikan, Jakarta: Penerbit P.T Prestasi Pustaka, 2011.
Rusydi Ananda, Muhammad Fadhli, Statistik Pendidikan Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan, Medan:CV.Widya Puspita, 2018.
Rutoto, Sabar., Pengantar Metedologi Penelitian, Kudus:FKIP Universitas Muria Kudus, 2007.
Shaleh, Abdul Rahman, dkk., Psikologi Suatu Pengantar (Dalam Perspektif Islam), Jakarta: Prenada Media, 2004.
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Soemanto, Wasty, Psikologi Pendidikan (Landasan Kerja Kepemimpinan Pendidikan), Jakarta: Rineka Cipta, 1990.
Sudarsono, Kenakalan Remaja, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta, 1990.
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan R&D, Bandung:Alfabeta, 2011.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2009.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D, Bandung:Alfabeta, 2008.
Sukamadinata, Nana Syaodih., Metode Penelitian Pendidikan, Bandung:Remaja Rosdakarya, 2007.
Sukardi, Bimbingan dan Penyuluhan, Surabaya: Usaha Nasional, 1987.
Sumanto, Statistika Terapan, Yogyakarta: Caps, 2014.
Sumarsono, Sonny, Metode Riset Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2004.
Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers, 1998.
Suyanto, Agus, Psikologi Umum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.
Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar, Jakarta: Penerbit Logos,1999.
Thoha, M. Chabib, dkk., PBM – PAI di Sekolah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 1998.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1990.
W. Gulo, Metodelogi Penelitian, Jakarta: Penerbit Pt Gramedia Widiasarana Indonesia, 2000.
Walgito, Bimo, Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: Andi Offset, 1990.
Winkel, W. S., Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta: Penerbit Gramedia, 1983
Witherington, H. C., Psikologi Pendidikan, Jakarta: Penerbit Aksara Baru, 1982.