CHARACTERISTICS OF ISLAMIC EDUCATION IN WEST ACEH AS A SHARIA AUTONOMOUS REGION

Main Article Content

khairuddin hasan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Teungku Dirundeng Meulaboh, Indonesia

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengungkap karakteristik pendidikan Islam di Aceh Barat. Sebagai wilayah yang menerapkan syariat Islam secara konstitusional, pendidikan Islam di Aceh Barat memiliki corak yang berbeda. Pertama, struktur kelembagaan pendidikan Islam di Aceh Barat memiliki Dinas Pendidikan Dayah yang khusus membina dayah sebagai lembaga pendidikan Islam yang original Aceh. Dayah adalah lembaga pendidikan Islam yang mirip pesantren namun lebih kompleks dalam sejarah dan kulturnya. Lembaga lain yang dibentuk pemerintah untuk menangani pendidikan Islam adalah Majelis Pendidikan Daerah yang berfungsi memberikan pertimbangan-pertimbangan kepada eksekutif dalam pengambilan kebijakan. Majelis Pendidikan Daerah diisi oleh para praktisi dan pakar pendidikan. Mazhab syafi’iyah yang digunakan oleh masyarakat juga menjadikan pola pendidikan Islam yang lebih preventif terhadap hal-hal yang dianggap berpotensi maksiat. Pendidikan Islam di Aceh Barat juga lebih aplikatif dengan diskusi terbuka pada aspek jinayah dan politik Islam, lebih dari diskusi pada bagian pernikahan, warisan, dan ibadah. Hal ini disebabkan hukum Islam sudah ditegakkan dalam aspek jinayah sehingga diskusi materi pendidikan Islam terkait hal tersebut lebih mudah diamati langsung dari penerapannya di lapangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
hasan, khairuddin. “CHARACTERISTICS OF ISLAMIC EDUCATION IN WEST ACEH AS A SHARIA AUTONOMOUS REGION”. PERADA 6, no. 1 (June 28, 2023). Accessed September 26, 2023. https://ejournal.stainkepri.ac.id/index.php/perada/article/view/883.

References

Bahri, Syamsul, ‘Konsep Implementasi Syariat Islam Di Aceh’, Kanun Jurnal Ilmu Hukum, 15.2 (2013), 313–38
———, ‘Pelaksanaan Syari’At Islam Di Aceh Sebagai Bagian Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (Nkri)’, Jurnal Dinamika Hukum, 12.2 (2012)
Bakar, Abu, ‘Pendidikan Islam , Tantangan Dan Prospektif Di Wilayah Syariat Islam Aceh’, Jurnal Pencerahan, 7.1 (2013), 41–46
Bakar, Al Yasa’ Abu, Pelaksanaan Syariat Islam Di Aceh Sebagai Otonomi Khusus Yang Asimetris (Sejarah Dan Perjuangan), ed. by Dr. EMK. Alidar (Banda Aceh: Dinas Syariat Islam Aceh, 2020)
Basri, Hasan, ‘Kedudukan Syari’at Islam Di Aceh Dalam Kerangka Sistem Hukum Nasional’, Kanun Jurnal Ilmu Hukum, 55, 2011, 75–92
Daud, Yusri M., ‘Eksistensi Lembaga Pendidikan Islam Di Aceh’, 10.1 (2021), 1–23
Fajri, Iwan, Dadang Sundawa, Mohd Zailani, Mohd Yusoff, and Universitas Pendidikan Indonesia, ‘Pendidikan Nilai Dan Moral Dalam Sistem Kurikulum Pendidikan Di Aceh’, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9.3 (2021), 710–24
Isa, Abdul Gani, ‘Paradigma Syariat Islam Dalam Kerangka Otonomi Khusus (Studi Kajian Di Provinsi Aceh)’, Media Syariah, 14.1 (2012), 1–38
KARIMUDDIN, FAHMI, ‘Pemikiran Prof. H. Hasbi Amiruddin, Ma Tentang Dayah Sebagai Lembaga Pendidikan Agama Islam Masyarakat Aceh’, At-Tarbiyah, 3 (2017), 1–27
Melayu, Hasnul Arifin, Rusjdi Ali Muhammad, MD Zawawi Abu Bakar, Ihdi Karim Makinara, and Abdul Jalil Salam, ‘Syariat Islam Dan Budaya Hukum Masyarakat Di Aceh’, Media Syari’ah : Wahana Kajian Hukum Islam Dan Pranata Sosial, 23.1 (2021), 55
Mujiburrahman, Sayuthi, and M Nazir, Pendidikan Berbasis Syariat Islam, 2017
Nasir, Muhammad, ‘Syariat Islam Dan Ngangkang Style : Mengenal Kearifan Lokal Dan Identitas Perempuan Aceh’, Miqot, XXXVII.1 (2013), 198–213
Nurainiah, Nurainiah, ‘Sistem Pendidikan Dayah Tradisional Di Aceh’, Serambi Tarbawi, 9.1 (2021), 75–92
Nurdin, Abidin, Sri Astuti A. Samad, and Munawwarah Munawwarah, ‘Redesain Pendidikan Islam: Perkembangan Pendidikan Pasca Penerapan Syari’at Islam Di Aceh’, Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 19.1 (2020), 997–1007
Rokim, Syaeful, ‘Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol . 05 , Januari 2016’, Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 05 (2016), 1175–83
Salim, Agus, ‘Integrasi Qanun Syariat Islam Ke Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, 1.3 (2016), 1–23
Saminan, Saminan, ‘Internalisasi Budaya Sekolah Islami Di Aceh’, Jurnal Ilmiah Peuradeun, 3.1 (2015), 147–64
Sari, Cut Maya Aprita, ‘Pro Dan Kontra Implementasi Qanun’, Jurnal Review Politik, 06.01 (2016), 68–89
Silahuddin, ‘Transformasi Budaya Pendidikan Dayah Di Aceh’, Jurnal MUDARRISUNA, 5.2 (2015), 377–413
Sri Astuti A. Samad, ‘Agama, Budaya Dan Perubahan Sosial Perspektif Pendidikan Islam Di Aceh’, Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7.1 (2017), 23–46
Suyanta, Sri, ‘Idealitas Kemandirian Dayah’, Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11.2 (2012), 16
Usman, A. Samad, and Abdul Hadi, ‘Peran Dinas Pendidikan Dayah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Dayah Di Aceh’, Jurnal Intelektualita Prodi MPI FTK UIN Ar Raniry, 10.1 (2021), 127–39