Profil Kematangan Karier Mahasiswa dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling

Main Article Content

Shidratul Attika
Roby Maiva Putra
Ahmad Hamdan

Abstract

Kematangan karier adalah kesiapan individu dalam menentukan dan memutuskan karier yang akan dipilihnya, untuk itu individu perlu mempersiapkan diri agar karier yang dipilih sesuai dengan skill dan minat yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan mengetahui profil kematangan karier mahasiswa. Penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dengan teknik persentase. Data didapat dari penyebaran kuesioner kematangan karier yang dikembangkan dari teori Donald E. Super. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau berjumlah 31 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat kematangan karier mahasiswa berada pada kategori sedang dengan persentase 77%, di mana mahasiswa telah memiliki kesiapan karier yang baik, namun masih perlu dukungan dan bimbingan maka perlunya layanan bimbingan karier agar mahasiswa siap dan tidak salah langkah dalam memasuki dunia kerja nantinya. Hasil penelitian dapat digunakan oleh Unit Pengembangan Karier kampus untuk merancang program yang relevan dalam mengembangkan kematangan karier mahasiswa.

Article Details

How to Cite
Attika, S., Roby Maiva Putra, & Ahmad Hamdan. (2024). Profil Kematangan Karier Mahasiswa dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. TANJAK : Journal of Education and Teaching, 5(2), 90–99. Retrieved from https://ejournal.stainkepri.ac.id/index.php/tanjak/article/view/1580
Section
Articles

References

Ash Shiddiqy, A. R., Suherman, U., & Agustin, M. (2019). Efektivitas Bimbingan Karier terhadap Kematangan Karier Mahasiswa. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(3), 301–311. https://doi.org/10.30653/001.201933.115

Asy’ari, A. F., & Zuhdi, M. S. (2023). Perencanaan Karier Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 5(1), 9–27. https://doi.org/10.51339/isyrof.v5i1.879

Dewi, S. (2022). Layanan Bimbingan Karier dalam Upaya Meningkatkan Self Efficacy Siswa Kelas XII dalam Pemilihan Karier. Jurnal Edukasi, 8(1), 29–44.

Heo, G., & Kim, T. (2016). Autoregressive Cross-Lagged Modeling of the Reciprocal Longitudinal Relationship Between Self-Esteem and Career Maturity. Journal of Career Development, 43(3), 273–288. https://doi.org/10.1177/0894845315598002

Indasari, U. N., Pratitis, N. T., & Arifiana, I. Y. (2023). Kematangan Karir pada Mahasiswa Tingkat Akhir: Menguji Peran Internal Locus of Control. INNER: Journal of Psychological Research, 2(4), 823–832.

Kadiyono, A. L., Gunawan, G., Budiarto, A., Andriani, E., & Medianta. (2020). Pelatihan Personal Branding Bagi Persiapan Pengembangan Karir Mahasiswa Tingkat Akhir. International Journal of Community Service Learning, 4(4), 263–273. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4.29730

Khasanah, & Sayekti, S. (2020). Gambaran Kematangan Karir Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Ivet. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 3(2), 113–124. https://doi.org/10.23971/mdr.v3i2.2365

Laden, M. (2014). Peranan Dukungan Orang Tua dengan Keputusan Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII SMA Katolik W.R. Soepratman Samarinda. 2(2), 120–126.

Ozora, D., Suharti, L., & Sirine, H. (2016). Potret Perencanaan Karir Pada Mahasiswa (Studi Terhadap Mahasiswa di Sebuah Perguruan Tinggi di Jawa Tengah). Prosiding Seminar Nasional Unisbank, 623–632. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/4250

Putra, B. J. (2021). Studi Literatur: Teori Perkembangan Karir Donald Edwin Super. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 30–38. https://doi.org/10.51339/isyrof.v3i1.296

Rhee, E., Lee, B. H., Kim, B., Ha, G., & Lee, S. M. (2015). The Relationship Among the Six Vocational Identity Statuses and Five Dimensions of Planned Happenstance Career Skills. Journal of Career Development, 1–11. https://doi.org/10.1177/0894845315602120

Shiddiqy, A. (2018). Profil Kematangan Karier Mahasiswa STAI Siliwangi Bandung. 2(2), 187–196. https://doi.org/10.30653/001.201822.35

Sinuraya, J. C., Pranandari, K., & Sartika, S. (2022). Efikasi Diri Dan Kematangan Karir Pada Mahasiswa. Arjwa: Jurnal Psikologi, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.35760/arjwa.2022.v1i1.7299

Yusuf, S., & Nurihsan, J. (2016). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.